5 Bahan Alami Untuk Membuat Anda Tidur Nyenyak

5 Bahan Alami Untuk Membuat Anda Tidur Nyenyak

196

Manfaat-Tidur-Siang

Harianpost.co.id Riset yang dilakukan oleh beberapa peneliti telah menemukan ada lebih dari 10 persen populasi dunia yang masuk dalam kategori kekuranagn tidur kronis. Dari kebiasaan tersebut, akan muncul beberapa dampak negatif misalnya tak bisa fokus dan dalam jangka panjang dapat pula meningkatkan resiko penyakit jantung dan kanker.

Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (31/5/2016), terdapat lima bahan yang akan membantu Anda untuk tidur lebih lelap.

  1. Buah ceri

Dalam sebuah penelitian, sejumlah partisipan yang mengkonsumsi jus buah ceri sebanyak 200 ml pada pagi dan juga sore hari selama dua minggu dilaporkan memiliki pola tidur yang lebih baik. Kadar melatonin yang dikandung buah ceri bisa membantu seseorang untuk cepat tidur. Melatonin sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh tubuh dan memiliki fungsi untuk mengontrol siklus tidur dan bangun.

  1. Ikan laut

Beberapa jenis ikan diketahui banyak mengandung tryptophan yang bisa menginduksi rasa kantuk. Contohnya yaitu, udang, ikan kod, tuna dan halibut. Salmon juga bagus untuk membantu tidur karena kandungnan asam lemak omega-3 yang terbukti mengurangi hormon stres dan meningkatkan ketenangan. Hal tersebut diungkapkan oleh UCLA Center for East-West Medicine.

  1. Kombinasi karbohidrat protein

Ternyata kandungan tryptophan tak hanya ada di ikan saja. Makanan lain seperti susu juga mengandung senyawa tersebut. Cara yang paling ampuh agar tryptophan dapat dimanfaatkan tubuh dengan maksimal yaitu dengan mengkombinasikannya dengan karbohidrat.

  1. Teh mint

Khasiat teh mint sebagai pereda stres memnag sudah terkeal sejak lama. Selain itu, teh mint juga mengandung banyak vitamin A, C dan B12 yang baik untuk tubuh.

  1. Tanaman herba lainnya

Selain menggunakan daun mint, sebenarnya masih banyak bahan lain yang bisa digunakan misalnya tanaman sage, kamomil dan valerian. Dalam proses konsumsinya, Anda bisa menambahkan madu sebagai ganti dari gula, karena menurut ahli gizi Lindsey Duncan, madu bisa membuat kadar insulin naik secara perlahan dan membantu tryptophan memasuki otak lebih mudah.

Baca juga:

Ini Yang Terjadi Pada Tubuh Saat Kita Tertidur

Hati-Hati, 7 Penyakit Ini Siap Intai Anda yang Kurang Jam Tidur

Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan Tubuh

 

Komentar

Loading...