Banyak PNS Dirumahkan, Lowongan Baru Dibuka Agustus 2016

Banyak PNS Dirumahkan, Lowongan Baru Dibuka Agustus 2016

747

PNS-Baru-Bernapas-Lega-Daftar-Ulang-Diundur-Hingga-Awal-2016

Harianpost.co.id Tahun ini pemerintah buka lowongan CPNS pada Agustus 2016 nanti. Perekrutan PNS baru seiring dengan wacana pemecatan PNS yang malas. Kabar ini digulirkan menteri PAN-RB, Yuddy Chrisnandi pada akhir bulan Mei lalu.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) berencana merumahkan 1 juta Pegawai Negeri Sipil selama periode 2017-2019. Pemerintah menyebut ada beberapa kriteria yang akan menjadi dasar pemecatan terhadap seorang PNS.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman mengungkapkan, pemerintah akan memulai rasionalisasi PNS pada tahun depan. Sementara di tahun ini, fokus pemerintah melakukan pemetaan PNS sehingga mendapatkan hasil akhir PNS yang layak kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Sebelumnya pada 29 Mei 2016, Kementerian Keuangan memastikan bahwa PNS yang bakal dirumahkan tersebut akan mendapat pesangon. Namun berapa besar pesangon yang akan diberikan masih menunggu proposal dari Kementerian PANRB.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menjelaskan, saat ini, basis aparatur negara sebanyak 4,5 juta, dan rencananya dipangkas menjadi 3,5 juta PNS hingga 2019.

“Itu (dampak pengurangan PNS) dihitung dulu. Kita tunggu proposalnya dari Menteri PANRB,” ujarnya, Minggu (29/5).

Sayangnya, ‎Menkeu belum menghitung penghematan anggaran belanja pegawai dari pemecatan 1 juta PNS tersebut. Namun sebagai Bendahara Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) harus menyiapkan pesangon bagi PNS yang dirumahkan.

“Penghematannya kurangi saja 1 juta PNS dikali jumlah gajinya. Tapi kan harus ada semacam pesangon atau golden shake hand. Berapa pesangonnya, nanti kita lihat,” tegasnya.

Baca juga:

Lowongan Kerja: Bank Indonesia Rekrut Karyawan Baru

Lowongan Kerja: Ojek Online Baru ‘AdaJek’ Butuh 10.000 Pengendara

 

Komentar

Loading...