Cara Tradisional Bersihkan Kotoran di Kuping Yang Tersumbat

Cara Tradisional Bersihkan Kotoran di Kuping Yang Tersumbat

251

Bahaya-Mengorek-Telinga-Menggunakan-Cotton-Bud

Harianpost.co.id Rasa tidak nyaman atau sakit sering terjadi saat kuping Anda mengalami penyumbatan. Penyebab dari masalah ini biasanya karena adanya peradangan pada tabung Eustchio. Hal tersebut bisa terjadi karena efek pilek, kongesti sinus atau penyebab lainnya. Akibatnya, Anda akan mengalami gangguan pendengaran, baik kesulitan pendengaran atau sering mendengar dering suara di sekitar telinga Anda.

Walaupun ini merupakan permasalahan yang mungkin terbilang umum, Anda juga tidak boleh meremehkannya. Gejala ini akan sangat mempengaruhi pendengaran Anda. Ada sebagian orang yang bahkan sampai mengalami pendarahan  atau mengeluarkan cairan lain dari dalam telinganya.

Dilansir dari Boldsky.com, Minggu (5/6/2016), ada beberapa trik mudah bagi Anda untuk membersihkan telinga yang tersumbat tersebut. bahan yang digunakan pun cukup mudah, yaitu minyak pohon teh yang telah diuapkan. Trik kuno ini dinilai efektif dan juga sangat sederhana, sehingga sangat mudah untuk dilakukan di rumah.

Cara pemakaiannya pun terbilang mudah. Anda tinggal mengambil sekitar 4-5 tetes minyak pohon teh. Sembari menyiapkan minyak teh, Anda juga bisa mendidihkan air sebanyak 2-3 cangkir. Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan yaitu mencampurkan minyak teh kedalam air yang sudah mendidih tadi dan tunggu hingga 5 sampai 10 menit.

Setelah itu, siapkan sebuah wadah dan taruh di meja. Dekatkan telinga Anda dan biarkan uap masuk ke telinga. Setelah itu, tinggal menutup telinga agar uap tersebut tidak kembali keluar.

Namun demikian, jika Anda merasa pengobatan tersebut tidak efektif saat dilakukan, segeralah memeriksakan dan berkonsultasi dengan seorang ahli THT agar permasalahan Anda cepat terselesaikan.

Baca juga:

Bahaya Mengorek Telinga Menggunakan Cotton Bud

 

Komentar

Loading...