Trik Hindari Bau Mulut Kala Puasa

Trik Hindari Bau Mulut Kala Puasa

1248

Bau-Mulut-Coba-Gunakan-Minyak-Kelapa

Harianpost.co.id Menurut seorang dr gigi bernama Falah Kartikawati, saat berpuasa, menjaga kebersihan rongga mulut sangatlah penting dilakukan untuk menghindari efek bau yang ditimbulkan.

“Untuk mencegah bau mulut saat berpuasa ialah dengan menjaga kebersihan rongga mulut, dan atasi masalah sistemik (berkaitan dengan pencernaan),” kata Falah seperti dikutip dari Antara, Senin (6/6/2016).

Falah mnejelaskan bahwa produksi air liur atau saliva di mulut akan berkurang saat berpuasa karena tubuh tak akan mendapatkan cairan yang cukup saat siang hari. Sedangkan saliva sendiri sangat diperlukan untuk mencegah timbulnya bau mulut.

Aroma tak sedap dari dalam mulut akan timbul jika kondisi rongga mulut tidak bersiih karena terdapat sisa–sisa makanan yang membusuk, karang gigi atau gigi berlubang. Kondisi ini akan semakin parah apabila kulut kekurangan air saat puasa sedang berlangsung.

“Analoginya kalau kamar mandi bersih seperti hotel bintang lima, mau basah atau keirng dia tetap wangi. Tapi kalau kamar mandinya sudah bau, apalagi waktu kering, nah mulut sama seperti itu,” ujar Falah.

Falah yang juga berpsofesi sebagai dokter gigi tersebut menyarankan untuk menyikat gigi seusai sahur dan sebelum tidur saat tengah berpuasa. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan rongga mulut Anda.

“Pada saat sahur dan berbuka minum air putih yang banyak. Juga hindari makanan berbau tajam,” kata Falah.

Selain itu, Falah juga menyarankan untuk membersihkan karang gigi atau scalling ke dokter gigi sebelum puasa berlangsung. Ia juga menganjurkan menggunakan benang gigi saat membersihkan sisa makanan, dan tidak menganjurkan menggunakan tusuk gigi sama sekali.

Bau mulut juga bisa berasal dari kelainan sistem pencernaan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengobatinya bila terdapat indikasi telah terjadi kelainan atau luka dari dalam lambung Anda.

Baca juga:

Bau Mulut? Coba Gunakan Minyak Kelapa

10 Makanan Ini Ternyata Dapat Timbulkan Bau Badan dan Bau Mulut

JK Buka Mulut Tentang Isi Pertemuan dengan KIH Tadi Malam

 

Komentar

Loading...