Waspada, Popcorn Bisa Picu Usus Buntu!

Waspada, Popcorn Bisa Picu Usus Buntu!

203

Waspada-Popcorn-Bisa-Picu-Usus-Buntu!

Harianpost.co.id Menurut paramedis, mengkonsumsi popcorn ternyata dapat memicu penyakit usus buntu atau dalam bahasa medis biasa disebut sebagai apendisitis. Penyakit tersebut terjadi diduga akibat biji popcorn yang tak sengaja ertelan dan masuk ke rongga usus yang dapat menyebabkan penyumbatan usus buntu.

Dilansir dari Livestrong, Senin (6/6/2016), pembengkakan dan juga pembentukan nanah di usus buntu dapat terjadi akibat sepotong kecil biji popcorn yang memblokir permukaan rongga di sepanjang usus buntu.

“Usus buntu menyebabkan rasa sakit hebat di bagian sisi kanan perut Anda. Gejalanya termasuk mual, muntah, kehilangan nafsu makan, demam, diare, sembelit dan pembengkakan perut,” pernyataan dalam Livestrong.

Yang perlu diketahui adalah penyebab pasti usus buntu tersebut sebenarnya bukanlah popcorn. Namun demikian, penyumbatan tinja atau infeksi juga dapat memicu terjadinya usus buntu.

“Ketika ada makanan yang menyumbat usus, maka kemungkinan bakteri berkembang biak sangat tinggi. Jika tidak diobati, radang usus buntu dapat menyebabkan usus buntu pecah dan menyebarkan bakteri ke seluruh tubuh Anda,” ujarnya.

Untuk menangani usus buntu, biasanya dilakukan dengan jalan operasi. Namun, dokter kemungkinan akan menguras abses yang membentuk di sekitar usus sebelum melakukan operasi usus buntu apabila usus buntu tersebut sudah pecah.

Baca juga:

Wow! Konsumsi Kopi dan Teh Secara Rutin Bantu Sehatkan Usus

 

Komentar

Loading...