Muhammad Ali Sudah Tiada, Ribuan Orang Serbu Pemakaman

Muhammad Ali Sudah Tiada, Ribuan Orang Serbu Pemakaman

415
Muhammad Ali
Muhammad Ali

Harianpost.co.idSeminggu berlalu sejak legenda tinju dunia, Muhammad Ali meninggal pada Jumat (3/6) waktu setempat. Muhammad Ali meninggal di usia 74 tahun karena penyakit pernafasan akibat komplikasi Parkinson yang dideritanya.

Kemarin, Jumat (10/6), Muhammad Ali dimakamkan setelah shalat Jumat di Cave Hill Cemetery, Lousville, Amerika Serikat yang merupakan tanah kelahirannya.

Ribuan orang menghadiri prosesi pemakaman petinju legendaris Muhammad Ali, di kediamannya. Ribuan pelayat datang memenuhi jalanan di sekitar lokasi pemakaman. Seperti dilaporkan oleh BBC, mereka mengambil gambar suasana dan meneriakkan nama Ali ketika mobil jenazah memasuki area pemakaman.

Iring-iringan jenazah mengantarkan Ali ke tempat istirahat terakhirnya, setelah sebelumnya dilakukan seremonial keagamaan. Aktor Will Smith dan mantan petinju Lennox Lewis akan menjadi salah satu pengusung jenazah.

Seperti dilansir dari CBS News, Muhammad Ali berpesan ingin jika pemakamannya nanti dihadiri banyak orang dari berbagai macam agama dan tidak hanya orang terkenal saja.

Untuk itu, sebanyak 15.000 tiket gratis disiapkan agar masyarakat umum bisa mengantar sang legenda ke peristirahatan terakhirnya.

Pemakaman Muhammad Ali juga akan disiarkan live di televisi dan online melalui beberapa saluran televisi, di antaranya ESPN dan Bounce TV.

Prosesi pemakaman dimulai pukul 10.35 waktu setempat, atau terlambat satu jam dari jadwal seharusnya. Peti jenazah Ali dibawa ke beberapa tempat, di antaranya rumah masa kecil Ali, the Ali Center, the Center for African American Heritage dan Muhammad Ali Boulevard.

Tampak penggemar Ali melempar bunga-bunga ke mobil jenazah Ali sepanjang rute perjalanan menuju tempat pemakaman. Para penggemar juga membawa papan bertuliskan pesan duka mendalam atas kepergian Ali.

Prosesi pemakaman akan berakhir di Cave Hill Cemetery, yang akan dilanjutkan dengan upacara pemakaman secara tertutup. Ali yang bukan saja dikenal karena karir olahraganya tetapi juga karismanya dalam memperjuangkan hak.

Para pemuka berbagai agama dan tokoh dunia tinju juga diharapkan datang ke pemakaman Muhammad Ali. Sementara, mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton akan menjadi salah satu orang yang membacakan pidato pemakaman.

Selain Bill Clinton, aktor Will Smith akan menjadi salah satu pembawa peti jenazah. Will Smith pernah mendapat nominasi Oscar untuk perannya sebagai Muhammad Ali dalam film Ali tahun 2001.

Baca juga:

Barack Obama Kenang Mendiang Muhammad Ali Yang Mendunia

 

Komentar

Loading...