Beyonce Hadapi Tuntutan Hukum Atas Kasus Plagiat?

Beyonce Hadapi Tuntutan Hukum Atas Kasus Plagiat?

192
Beyonce
Beyonce

Harianpost.co.idSetelah Justin Bieber, kali ini Beyonce yang harus menghadapi tuntutan hukum akibat masalah kemiripan di album terbarunya, Lemonade yang rilis tahun 2016 ini.

Beyonce menunjukkan eksistensi dengan album terbaru Lemonade, disebut sebagai curahan hati sang diva. Namun kabar tak sedap menghampiri karya baru Beyonce. Ada sebuah klaim yang diajukan pada 8 Juni 2016 bahwa Beyonce mencuri karya orang lain (plagiat). Apakah benar?

Di dalam tuntutan itu, seorang pembuat film asal North Carolina, AS, Matthew Fulks mengklaim bahwa trailer album baru Beyonce mencuri ide dari film pendek miliknya yang berjudul “Palinoia”.

Fulks menyatakan dia menyelesaikan Palinoia pada tahun 2014. Dia juga mengatakan bahwa tim kreatif Beyonce memiliki akses pada film pendek buatannya itu.

Fulks menjelaskan bahwa dia pernah dihubungi untuk menyutradarai grup musik baru dari label Columbia. Dan Sebab itulah dia kemudian mengirimkan tautan ke film pendeknya. Orang-orang yang dikirimi tautan oleh Fulks ini Keliru satunya Adalah Bryan Younce. Bryan Younce merupakan pembuat video-video Beyonce, termasuk untuk album berjudul namanya sendiri pada tahun 2013.

Dalam tuntutan itu Fulks juga mengklaim bahwa pada bulan Juli 2015, Younce meminta alamat surel Fulks dan kemudian mengirimkan pesan bahwa dia sudah menerima tautan dari Fulks. Lima bulan kemudian, proses pembuatan Lemonade dimulai.

Dalam tuntutannya tersebut, Matthew Fulks meminta semua keuntungan yang berasal dari pendayagunaan karyanya. Termasuk juga dari penjualan album Lemonade milik Beyonce tersebut.

Menurut Matthew Fulks, ada sembilan poin kemiripan antara trailer Lemonade dan film Palinoia dari mulai mood, latar belakang, tempo, dan font. Jika ditotal, ada kemiripan sepanjang 39 detik dari trailer Lemonade yang berdurasi 65 detik ini.

Pihak Beyonce belum memberikan tanggapan mengenai hal ini. Beyonce sendiri saat ini tengah disibukkan dengan konser Formation World Tour yang akan menyambangi benua Amerika dan Eropa.

Baca juga:

Beyonce Salahgunakan Hijab, Kritik Keras Datang Menyerbu

 

Komentar

Loading...