7 Jenis Makanan Penetral Sakit Perut

7 Jenis Makanan Penetral Sakit Perut

341

7-Jenis-Makanan-Penetral-Sakit-Perut

Harianpost.co.id Saat sakit perut menyerang, entah itu karena haid, kram, mual atau diare akan membuat mayoritas kegiatan Anda menjadi terganggu. Untuk mengatasinya, ada beberapa makanan yang bisa menenangkan perut bermasalah Anda.

Dikutip dari Shape, Jumat (10/6/2016), berikut merupakan beberapa jenis makanan yang bisa membantu mengurangi sakit perut yang Anda derita.

  1. Pisang

Kandungan pada buah ini dipercaya akan membantu memperlancar buang air besar secara alami. Pisang juga merupakan jenis buah yang mudah dicerna dan pada umumnya tidak mengganggu perut.

  1. Pepaya

Dalam buah pepaya, terdapat enzim papain dan chymopapain yang dapat membantu memecah protein dan juga dapat menenangkan perut Anda. Dengan mengkonsumsinya, pencernaan akan lebih lancar sehingga gangguan sembelit pun akan menjauh.

  1. Nasi putih

Dengan mengkonsumsi nasi, masalah diare akan terselesaikan karena nasi tersebut akan menyerap cairan dan membuat kotoran Anda menjadi lebh padat.

  1. Jahe

Menurut beberapa penelitian, jahe merupakan obat mujarab anti mual serta mampu meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Namun, jika Anda ingin mengonsumsinya, maka batas konsumsi yang dianjurkan adalah sebesar empat gram jahe per hari.

  1. Saus Apel

Layaknya pisang, apel juga kaya akan kandungan pektin. Karena kandungannya tersebut, saus apel dsangat mujarab jika digunakan sebagai obat diare.

  1. Teh herbal

Selain efek menenangkan, secangkir teh hangat baik untuk penyembuhan perut. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa peppermint mengaktifkan saluran antipain di usus besar. Selain itu juga bisa mengurangi gejala yang berhubungan dengan IBS.

  1. Yoghurt

Selama ini, mengkonsumsi susu dikenal akan mengakibatkan perut menjadi sakit. Namun, jika Anda memilih yoghurt plain dengan label ‘kultur aktif’, maka bakteri baik akan meningkat dalam usus sehingga mampu membantu proses pencernaan dan juga mengurangi rasa kembung yang membuat perut Anda tak nyaman.

Baca juga:

Atasi Perut Kembung Dengan Ramuan Alami Sederhana

5 Makanan Ini Dapat Atasi Sakit Perut Anda

4 Gerakan Yoga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

 

Komentar

Loading...