Cara mencegah Penyakit Naiknya Asam Lambung

Cara mencegah Penyakit Naiknya Asam Lambung

353

Harianpost.co.id – Mencegah lebih baik daripada mengobati, namun jika anda sudah pernah merasakan gangguan kesehatan, tentu tidak ingin mengalaminya lagi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai naiknya asam lambung. GERD singkatan dari Gastroesophageal reflux disease atau penyakit saluran pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik ke esofagus (refluks), jika ini terjadi anda akan mengalami mual, ingin muntah, dada terasa panas dan lain sebagainya.

Cara-mencegah-Penyakit-Naiknya-Asam-LambungNah bagaimanakah cara mencegah penyakit naiknya asam lambung berulang kembali?

  • Perhatikan posisi tidur anda. Pada saat tidur sebaiknya posisi kepala sedikit lebih tinggi daripada tubuh anda, ini akan mencegah naiknya asam lambung.
  • Turunkan berat badan. Tubuh gemuk belum tentu sehat, namun terkadang malah mengganggu sistem kesehatan tubuh. Banyak cara untuk menurunkan berat badan,  mulai dari mengatur pola makan hingga diet yang sehat.
  • Makan dalam porsi kecil. Makan tiga kali dalam porsi kecil itu lebih baik daripada anda menghabiskan hidangan porsi besar dalam sekali makan. Karena jika lambung bekerja terlalu berat ia akan memproduksi asam lambung lebih banyak.
  • Jangan tidur setelah makan. Ini penyebab yang memungkinkan banyak gangguan naiknya asam lambung terjadi saat bulan puasa. Tidur setelah sahur itu tidak baik, idealnya kita baru boleh tidur 2 jam setelah makan.

Nah, itulah sedikit tips mencegah naiknya asam lambung yang dapat mengganggu aktifitas anda. Semoga puasa anda tetap lancar hingga penuh akhir ramadhan.

 

Komentar

Loading...