Ini Dampak Jika Rupiah Semakin Menguat terhadap Dollar

Ini Dampak Jika Rupiah Semakin Menguat terhadap Dollar

395

Saat ini, rupiah telah menembus hingga 13.100 per dollar AS. Nilai tukar semakin menguat semenjak pemberlakuan tax amnesty. Menurut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro, Bank Indonesia akan mengendalikan nilai rupiah agar tidak terlalu kuat. Hal ini dikarenakan, jika nilai tukar rupiah terhadap dollar AS terlalu kuat akan berisiko pada sector impor dan ekspor Indonesia.

Dampak jika nilai tukar rupiah semakin menguat“Setelah tax amnesty nilai tukar relatif stabil dan menguat 13.100. Pertanyaannya apakah bisa lebih kuat? Bisa saja, cuma kalau terlalu kuat enggak bagus buat ekspor kita. Jadi BI pasti melakukan pengelolaan kebijakan moneter untuk memastikan rupiah pada nilainya,” katanya di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/8/2016). Yang dimaksud dengan rupiah pada nilai sesuainya adalah sesusai dengan kondisi yang nyata di Indonesia.yang lebih detail, beliau menyebut sesuai dengan kondisi ekspor Indonesia.

Beliau juga mengatakan bahwa pemberlakuan tax amnesty merupakan waktu yang tepat untuk memupuk cadangan devisa. Karena dengan cadangan devisa yang banyak maka rupiah tidak terlalu berfluktuasi.

 

Komentar

Loading...