Menteri Keuangan Dorong Forum Ekonomi Syariah untuk Danai UMKM

Menteri Keuangan Dorong Forum Ekonomi Syariah untuk Danai UMKM

184

Menteri Keuangan, Sri Mulyani menjelaskan UMKM  merupakan tulang punggung dari perekonomian ditanah air. Keberadaanya yang tersebar di seluruh penjuru negeri dan menguasai sekitar 99% aktivitas bisnis di Indonesia, dengan lebih dari 98% berstatus usaha mikro. Dari sector produktif tersebut, saat ini sudah memperkerjakan lebih dari seratus juta penduduk Indonesia dan berkontribusi hampir 61% terhadap PDB Indonesia.

Meski mayoritas, penguasa ekonomi di Indonesia masih didominasi oleh beberapa pihak perusahaan multinasional yang memiliki skala cukup besar. Karena itu, Sri Mulyani menekankan pentingnya keberpihakan desentralisasi ekonomi dan perlunya kerja sama dengan semua pihak dalam meningkatkan UMKM.  Ia juga berharap struktur  pertumbuhan ekonomi menjadi lebih merata dan adil sehingga memastikan lebih banyak orang yang berpartisipasi dalam perekonomian.

Menteri Keungan Dorong Forum Ekonomi Syariah untuk Danai UMKM“UMKM bisa menjadi kuat dan penahan apabila ekonomi sedang terguncang,” kata Sri Mulyani saat memberikan sambutan dalam pembukaan World Islamic Economic Forum (WIEF) 2016 di JCC Senayan.

Ia juga menerangkan, untuk menstimulus ekonomi . Pemerintah telah mengeluarkan serangkaian kebijakan, yang salah satunya mempermudah izin UMKM. Kebijakan lainnya ialah merevisi Daftar Investasi Negatif, dengan membuka 19 sub-sektor usaha yang dialokasikan untuk UKM dan koperasi. Selain itu, 62 sektor usaha lainnya dapat dimasuki investor asing hanya jika mereka berkoalisi dengan UMKM.

Mana tan direktur Bank Dunia itu juga berharap penyelenggaraan WIEF ke-12 kali ini dapat menjadi salah satu solusi mendorong perkembangan UKM Indonesia. Salah satu misi WIEF adalah sebagai platformyang komprehensif bagi para pebisnis dari seluruh dunia, termasuk negara-negara besar berpenduduk muslim, untuk bertukar informasi dan membuka kesempatan berkolaborasi.

Komentar

Loading...