Cara Efektif Atasi Kram Otot Tiba-tiba pada Kaki

Cara Efektif Atasi Kram Otot Tiba-tiba pada Kaki

527

Pada saat olahraga kurang pemanasan atau saat dehidrasi, otot tubuh terutama kaki akan sangat mudah kram. Saat dehidrasi, tubuh jadi kurangnya elektrolit sehingga otot kurang elastis dan kurang optimal saat melakukan kontraksi. Begitu pula saat kurang olahraga, otot perlu menyesuaikan dulu sebelum bisa melakukan gerakan yang lebih berat dan tak biasa.

Cara Efektif Atasi Kram Otot Tiba-tiba pada KakiTerkadang kram otot bisa berlangsung sebentar, tapi tak jarang juga berlangsung lama atau terjadi berkali-kali. Nah, untuk mengatasinya berikut beberapa cara mudah yang bisa anda lakukan

  • Minum air garam

Anda mungkin merasa aneh minum garam sebelum olahraga atau saat terjadinya kram. Tapi minum air garam memang membantu mencegah dan mengatasi kram karena kandungan elektrolit dalam garam. Seperti yang kita tahu, elektrolit berfungsi menjaga kinerja optimal otot

  • Minum air putih yang cukup

Saat dehidrasi, tubuh kurang cairan dan elektrolit sehingga otot bisa dengan mudah mengalami kram. Selalu pastikan anda minum cukup air putih sebelum, selama dan sesudah olahraga untuk mencegah kram

  • Makan pisang

Cara ini adalah yang paling simpel dan mudah dilakukan. Anda hanya butuh bekal pisang dan air minum secukupnya saat berolahraga. Pisang punya kandungan kalium (potassium) yang juga dapat menjaga fungsi normal otot

Kram memang menyakitkan, tapi lebih menyakitkan lagi ketika anda tak tahu bagaimana mengatasinya karena anda harus menunggu kram hilang degan sendirinya. Kram bisa mereda dengan sendirinya jika anda tak banyak bergerak dan duduk dengan tenang. Tapi jika anda ingin menghindari kram, maka cara di atas bisa dicoba.

Komentar

Loading...