Menteri Kelautan dan Perikanan Larang Perdagangan Karang untuk Akuarium dan Souvenir Lainnya

Menteri Kelautan dan Perikanan Larang Perdagangan Karang untuk Akuarium dan Souvenir Lainnya

215

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti memutuskan untuk melakukan pelarangan penjualan karang untuk sejumlah keperluan, diataranya dipakai untuk akuarium hingga souvenir.

“Kami akan surati kepada Menteri LHK bahwa karang untuk akuarium dari laut sudah tidak boleh diperdagangkan,” ujarnya pada saat pers konferensi di rumah dinasnya di Jakarta kemarin.

Menteri Kelautan dan Perikanan Melarang Perdagangan Karang untuk Akuarium dan Souvenir LainnyaMenurut menteri yang berasal dari Pangandaran Jawa Barat tersebut, selama  ini karang-karang laut kerap diperdagangkan sebagai komoditas untuk keperluan akuarium, bahan bangunan bahkan hingga souvenir. Padahal hal tersebut termasuk dalam pemanfaatan pengambilan karang dari alam yang  merupakan salah satu sector kelautan yang tidak dibuka untuk investasi atau bisnis. Selain sector tersebut, pihaknya juga masih menutup sector pengangkatan benda berharga dari kapal yang tenggelam.

Ia juga menjelaskan, jika masih ada usaha baik dari dalam negeri maupun luar negeri , memperdagangkan karang-karang di laut untuk akuarium, itu sudah seharusnya ditutup dan dilarang.

Akhir-akhir ini, perdagangan karang hias merupakan isu international sehingga sering ditemui beberapa

permasalahan dan dikritik oleh masyarakat international tentang pengelolaannya di Indonesia.

Sementara itu karang tersebut juga sudah dimasukkan kedalam Appendix II CITES (Convention on

International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) sejak tahun 1985.

Komentar

Loading...