Biaya Interkoneksi Turun, Apa Efeknya?

Biaya Interkoneksi Turun, Apa Efeknya?

202

Layanan interkoneksi merupakan layanan panggilan atau pesan singkat antar operator. Pengguna kan dikenakan tariff off-net apabila layanan lintas jaringan terjadi. Sementara biaya interkoneksi adalah biaya yang dikeluarkan operator untuk melakukan panggilan ke operator lain.

biaya interkoneksi turunSejak tahun lalu, Kemkominfo Republik Indonesia telah berusaha untuk melakukan perhitungan biaya interkoneksi yang melibatkan para penyelenggara telekomunikasi di Indonesia. Setelah melalui perebatan yang rumit, pada tanggal 2 Agustus kemarin Kemkeminfo memberikan putusan bahwa biaya interkoneksi turun sebesar 26%. Hal ini didasarkan pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 8 tahun 2006  tentang interkoneksi. Menurut pihak Kemkeminfo hal ini dilakukan demi meningkatkan efisiensi industry telekomunikasi.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara hasilperhitungan interkoneksi akan berlaku mulai 1 September mendatang.

Efek domino dari peraturan interkoneksi terbaru adalah berkurangnya tariff telepon dan SMS bagi penggguna telekomunikasi di Indonesia. Namun secara sederhana, operator akan menetapkan biaya berdasar tingkat margin yang dibutuhkan untuk produksinya.

Secara kasat mata, keuntungan dari turunnya tarifinterkoneksi dari pemerintah akan membuat biaya komunikasi semakin murah. Tapi para pengguna harus bersabar hingga keputusan akhir pada 1 September mendatang. Tentu saja, para operator saat initengah membenahi biaya yang akan diterapkan.

Meskipun terjadi penurunan biaya interkoneksi, dan diiringi dengan naiknya tren berkomunikasi dengan menggunakan aplikasi chatting, nampaknya tidak akan berpengaruh banyak.

Komentar

Loading...