Ini Besar Cadangan Devisa RI pada Bulan Juli 2016

Ini Besar Cadangan Devisa RI pada Bulan Juli 2016

180

Bank Indonesia (BI) merilis posisi cadangan devisa Indonesia akhir Juli 2016 yakni sebesar US$111,4 miliar. Posisi tersebut terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir bulan lalu yakni sebesar US$109,8 miliar.
Ini Besar Cadangan Devisa RI pada Bulan Juli 2016Direktur Departemen Komunikasi BI Arbonas Hutabarat mengatakan peningkatan tersebut dipengaruhi oleh penerimaan cadangan devisa, antara lain berasal dari penerimaan pajak dan devisa migas pemerintah serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas. Menurut BI, posisi cadangan devisa per akhir Juli 2016 tersebut cukup untuk membiayai 8,5 bulan impor atau 8,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” ujar Arbonas kemarin.

Menurut Agus Martowardojo selaku Gubernur BI, besar konsumsi pemerintah dan konsumsi rumah tangga tidak jauh berbeda bila dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal I 2016. Sebelumnya, BI menilai pertumbuhan ekonomi kuartal II 2016 sebesar 5,18 persen.

Berawal dari hal tersebut, Bank Indonesia mengharapkan target pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun 2016 dapat berada di kisaran 5 persen. Karena jika pertumbuhan ekonomi dapat terus stabil dan membaik, maka Bank Indonesia bisa memastikan akan semakin banyak investor yang berminat untuk berinvestasi di tanah air.

Komentar

Loading...