Amankah Konsumsi Sayuran yang Berdaun dengan Bercak Putih-putih?

Amankah Konsumsi Sayuran yang Berdaun dengan Bercak Putih-putih?

157

Jika ingin menjaga ubuh tetap sehat, salah satu yang bisa kita lakukan adalah mengkonsumsi sayur dan buah. Tapi pernahkah kamu menyadari saat membeli sayuran bahwa terkadang daun-daun sayuran ini ditempeli bercak putih-putih yang entah dari mana datangnya, tapi kemungkinan besar karena hewan-hewan kecil. Amankah mengonsumsi sayuran yang daunnya ditempeli bercak-bercak putih ini?

Amankah Konsumsi Sayuran yang Berdaun dengan Bercak Putih-putihAgri-Food & Veterinary Authority of Singapore (AVA) menjelaskan pada reporter stomp.com.sg, Cheryl Teh, bahwa berdasarkan foto yang dikirim tersebut, bercak-bercak putih pada daun sayuran kemungkinan besar disebabkan oleh serangga tanaman. Serangga berwarna putih dengan ukuran kecil ini makan getah sayuran dan meninggalkan sisa makanan atau kotoran di daun, tapi tidak ada risiko kesehatan yang akan membahayakan tubuh. Sayuran bisa dicuci bersih dengan air mengalir dan digosok dengan tangan agar hilang.

Sayuran juga bisa langsung diolah tanpa takut ada racun dari bercak putih ini. Sayuran juga bisa dibersihkan dengan cara merendam dengan menggunakan air lemon, cuka atau garam untuk merontokkan serangga atau telur ulat yang menempel pada daun sayuran.

Kesimpulannya, sebagai konsumen kita harus belajar banyak tentang hal-hal disekitar ita dan kritis dengan bahan makanan yang kita beli. Kadang-kadang hal kecil seperti ini sering diabaikan. Tetapi untungnya, hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan.

Komentar

Loading...