Ternyata, Sayuran Ini Lebih Kaya Antioksidan yang Lebih Sehat Ketika Dimasak

Ternyata, Sayuran Ini Lebih Kaya Antioksidan yang Lebih Sehat Ketika Dimasak

287

Antioksidan merupakan zat biokatif yang dibutukna oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh dari kerusakan karena pengaruh radikal bebas didalam tubuh, mulai dari awet muda hingga mencegah kanker. Radikal bebas bisa berasal dari banyak hal mulai dari polusi, radiasi, sinar UV, rokok dan bahkan proses metabolism tubuh kita kita sendiri.

Antioksidan bisa kita dapatkan dari buah sayur yang pada umumnya masih segar mengandung lebih banyak nutrisi dan antioksidan. Namun, beberapa jenis sayur berikut lebih kaya antioksidan dan nutrisi ketika dimasak loh. Apa saja? Ini dia.

  1. Tomat

tomat - Sayuran Ini Lebih Kaya Antioksidan yang Lebih Sehat Ketika DimasakTomat bisa dimakan mentah, tapi ternyata bisa lebih kaya nutrisi saat terkena suhu panas atau dimasak. Tomat kaya vitamin C dan likopen, dan likopen dalam tomat akan bertambah tinggi ketika dimasak. Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, sebuah penelitian menemukan bahwa memasak tomat jauh lebih bermanfaat dibanding dimakan mentah. Likopen sendiri bisa menjaga kesehatan kulit, menurunkan risiko kanker, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan respon syaraf

  1. Wortel

wortel - sayuran yang mengandung antioksidan lebih tinggi ketika dimasakWortel dikenal kaya vitamin A, beta karoten, dan berbagai mineral. Wortel mengandung antioksidan lebih banyak ketika dimasak. Dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, wortel yang di rebus, kukus atau ditumis bisa meningkatkan kandungan karotenoid, polifenol, glucosinolat dan vitamin C.

Penelitian menemukan bahwa peningkatan antioksidan bisa 14 persen lebih tinggi dibanding saat mentah. Berbeda jika wortel digoreng, justru menurunkan antioksidan karena pengaruh minyak, meski akan meningkat pada awalnya

  1. Brokoli

brokoli - Sayuran Ini Lebih Kaya Antioksidan yang Lebih Sehat Ketika DimasakSayur hijau ini memang lebih baik dimasak sebelum dimakan, karena selain rasanya aneh saat dimakan mentah, ternyata kandungan nutrisinya juga lebih banyak. Brokoli dikenal sebagai sayur detoks yang melunturkan racun dalam tubuh. Penelitian menemukan brokoli mengandung senyawa karotenoid, polifenopl, glucosinolat, lutein dan tocopherol yang bisa menurunkan inflamasi pembuluh darah sehingga menurunkan kemungkinan kanker. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, merebus atau mengukus brokoli terbukti meningkatkan karotenoid dan lutein.

Nah itu dia beberapa sayuran yang wajib dimasak jika kita ingin mendapatkankandungan nutrisi dan antioksidan yang lebih tinggi  dan lebih sehat sebelum dikonsumsi.

Komentar

Loading...