Menteri Perdagangan Sarankan Importir Sapi Membuat Peternakan, Guna sebagai Syarat untuk Impor

Menteri Perdagangan Sarankan Importir Sapi Membuat Peternakan, Guna sebagai Syarat untuk Impor

171

Kementrian Perdagangan anjurkan importer daging sapi untuk mulai membangun peternakan sendiri mulai dari sekarang karena hal ini akan berguna untuk mendapat izin impor dimasa mendatang. Karena, hal tersebut akan menjadi salah satu syarat dan kompensasi bagi pemerintah untuk memberikan izin impor sapi dimasa mendatang.

Menteri Perdagangan Sarankan Importir Sapi Membuat Peternakan, Guna sebagai Syarat untuk Impor“Kompensasinya mereka harus beternak, maka kami akan memberikan kuota (impor sapi),” kata Enggartiasto Lukita, Menurutnya, para pihak importer harus menyiapkan rencana 5 tahun pembanunan fasilitas pembiakan sapi kepada pemerintah sebagai syarat untuk emnerima izin impor. Pihaknya juga mengungkapkan, Kementrian Perdagangan akan mengeluarkan regulasi khusus untuk segera bisa menerapkan kebijakan ini. Upaya ini diharapkan oleh Mendag agar bisa mengurangi ketergantungan Negara ini terhadap impor daging sapi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pemerintah menetapkan kuota impor sapi bakalan sebanyak 600 ribu ekor untuk tahun ini, melanjutkan kebijakan serupa pada tahun lalu yang sebanyak 617 ribu ekor.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian menghapus kewajiban importir untuk menyerap daging sapi lokal sebesar 3 persen dari total kuota impor yang diperoleh Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 34 Tahun 2016 tentang Pemasukan Karkas, Daging, dan Olahannya ke Wilayah Indonesia.

Komentar

Loading...