Mimisan? Jangan Panik. Ini Tips Praktisnya

Mimisan? Jangan Panik. Ini Tips Praktisnya

160

Mimisan merupakan salah satu masalah kesehatan yang secara tiba-tiba terjadi dengan adanya darah dari hidung dan langsung membuat banyak orang panik dan kaget. Mimisan bisa terjadi karena ada pembuluh adarah kecil di dalam hidung pecah, entah karena pukulan yang keras, bersin atau hal lainnya. Well, jadi ketiak mimisan jangan panik, karena hal ini tidak akan meredakan mimisan. Berikut beberapa tips yang didapat dari patient.co.uk untuk atasi mimisan tanpa panic.

tips praktis ketika mimisan

  • Minta orang yang mimisan untuk duduk jika ia dalam keadaan berdiri. Jangan panik dan usahakan untuk tetap tenang Ladies. Jika kamu panik, maka si penderita dan orang lain akan ikut panik.
  • Setelah menemukan tisu atau kain minta penderita untuk menundukkan kepala ke depan untuk mengeluarkan semua darah dari hidung.
  • Setelah itu mintalah si orang yang mimisan ini untuk bernapas dari mulut dan menekan hidung mereka perlahan untuk menghentikan pendarahan setelah semua sisa darah keluar dari hidung.
  • Minta si penderita untuk tak berbicara, menelan, batuk, meludah dan mengendus atau menarik nafas sehingga berbunyi selama darah masih belum berhenti.
  • Setelah 10 menit, minta penderita untuk tekanan pada hidung mereka. Dengan cara menahan hidung biasanya mimisan akan berhenti dalam waktu 10 menit.
  • Jika cara tersebut masih belum efektif dan mimisan bertambah parah, maka cara terbaik adalah dengan membawa penderita ke rumah sakit terdekat.

Itu tadi beberapa tips untuk menghentikan sekaligus menenangkan ketika sesorang mimisan. Initinya jangan panic dan usahakan untuk tetap tenang yaa.

Komentar

Loading...