Seberapa Seringkah Anda Mengganti Sikat Gigi?

Seberapa Seringkah Anda Mengganti Sikat Gigi?

167

Cara menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah dengan cara sikat gigi. Menjaga kebersihan gigi akan mengurangi resiko gigi berlubang loh. Tujuan kita dari menggosok gigi adalah emnghilangkan kuman dan bakteri dalam mulut. Tapi, kuman dan bakteri sring terdapat pada sikat gigi dan hal itu harus memaksa kita untuk sering berganti sikat gigi. Nah sebenarnya berapa bulan sekali ya kita harus mengganti sikat gigi?

Seberapa Seringkah Anda Mengganti Sikat GigiJadi, waktu terbaik untuk mengganti sikat gigi adalah 3-4 bulan sekali. Jika kamu terserang penyakit mulut, usahakan untuk mengganti sikat gigi lebih cepat agar penyakit mulut tidak kambuh lagi. Tk hanya itu,  jika dalam waktu 3 bulan sikat gigi yang kamu gunakan sudah berantakan, rusak, maka segera diganti yaa. Karena sikat tidak akan bisa membersihkan gigi secara menyeluruh. Dan bagi sikat gigi anak-anak sebaiknya diganti lebih cepat dibandingkan sikat gigi orang dewasa.

Selain mengganti sikat gigi secara berkala, rawat peralatan sikat gigimu juga yaa. Agar bebas dari bakteri, sikat harus selalu dalam keadaan bersih. Salah satu caranya adalah membilas sikat gigi di bawah air keran atau air yang mengalir. Hal ini berguna untuk embuat sisa air liur atau makanan yang menempel pada sikat gigi ikut terbuang. Simpan sikat gigi dalam keadaan vertical dan bulu dibagian atas agar mendapat sirkulasi udara. Dan akta yang mengejutkan, menyimpan sikat gigi dalam wadah tertutup justru aka menyebabkan baketri tumbuh lebih banyak. Jika kita bepergian,disarankan menggunakan sikat gigi disposable atau yang sekali pakai saja.

Jadi bagaimana? Selalu miliki cadangan sikat gigi baru ya. Untuk berjaga-jaga jika sikat gigi tiba-tiba rusak atau sudah perlu diganti. Semoga bermanfaat.

Komentar

Loading...