Vanuatu, Picu Diguncang Gempa Hingga 7.2 SR

Vanuatu, Picu Diguncang Gempa Hingga 7.2 SR

187

Hari ini, gempa mengguncang kawasan Vanuatu hingga berkekuatan 7.2 SR. Pusat gempa sekitar 535 km sebelah tenggara dari Negara yang terletak di kawasan Pasifik Selatan tersebut. Dengan kekuatan sebesar itu, gempa ini sempat memicu peringatan tsunami local. Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada laporan mengenai jumlah korban atau keruskan yang terjadi akibat gempa ini.

Vanuatu, Picu Diguncang Gempa Hingga 7.2 SRInformasi dilansir dari Reuters, Pusat Peringatan Tsunami asifik yang berpusat di Hawaii mengeluarkan peringatan tsunami bagi daerah yang berada didekat gempa meskipun peringatan tidak berlaku untuk semua wilayah yang berada di wilayah Pasifik. Pada mulanya, gempa ini berkekuatan 7.6 SR namun kemudian dikoreki menjadi 7.2 SR. Sebelumnya peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah Pesisir Vanuatu, Kaledonia Baru dan Fiji, termasuk ibukota Fiji, Suva. Namun kemudian peringatan tersebut dibatalkan.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat, USGS, memberikan pernyataan bahwa gempa memiliki kedalaman yang dangkal, yakni sekitar 10 km. Tak hanya itu menurut USGS, gempa kuat tersebut sedikitnya disusul dengan satu gempa susulan dengan kekuatan 5.4 SR.

Komentar

Loading...