Google Angkat Bicara Mengenai Polemik Palestina

Google Angkat Bicara Mengenai Polemik Palestina

199

Beberapa hari belakangan, berita tentang Palestin ayang tidak tercantum dalam Google Maps memang berhembus kencang di seluruh dunia. Menanggapi hal ini, akhirnya Google buka suara dan menjelaskan masalah nama Plaestina tidak dicantumkan dalam layanan peta digital, Google Maps.

Google Angkat Bicara Mengenai Polemik PalestinaDilansir dari Forbes, pihak Google menjelaskan memang sedariawal  layanan Maps tidak memasang nama Plaestina. Namun bila kita menuliskan kala ‘Palestine’ atau ‘Palestina’ Maps akan merujuk pada perbatasan di wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza. Kedua wilayah tersebut memang tercantum dalam Maps, namun wilayah yang berbatasan dengan Israel tersebut dipisahkan dengan garis tepi putus-putus. Pihak Google akan terus melakukan perbaikan untuk mengatasi masalah tersebut.

Hal ini bermula dari protes Palestine Journalist Forum atau yang disingkat JPF yang melihat Maos yang tak menuliskan Palestina dan mengganti dengan Israel. “Ini merupakan bagian dari skema Israel untuk membangun namanya sebagai negara yang sah untuk generasi yang akan datang dan menghapuskan Palestina sama sekali.” Begitu tulis pihak JPF yang diposting pada tanggal 25 Juli lalu. Menurut mereka, dalam masalah ini Google ikut andil dalam pemalsuan sejarah, geografi dan hak warga Palestina untuk mengetahui wilayah negaranya pada peta digital tersebut.

Komentar

Loading...