Oknum Pembakar Hutan Harus Ditindak Secara Tegas

Oknum Pembakar Hutan Harus Ditindak Secara Tegas

272

Jumat, 12 Agustus kemarin, saat ditemui usai rapat terbatas dalam hal membahas langkah pecegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan yang diadakan di Kantor Presiden di daerah Jakarta Pusat,  Periden Jokowi menegaskan agar pihak penegak hukum dengan tegas menindak pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Oknum Pembakar Hutan Harus Ditindak Secara Tegas“Agar ada kepastian hukum dan penuhi keadilan masyarakat,” begitu tambah Jokowi. Dalam rapat tersebut, ia menekankan empat langkah untuk mencegah dan menangani kebakara lahan. Empat langkah yang dimaksud adalah pemadaman titik panas, pencegahan kebakaran, penegakan hukum dan pemulihan ekosistem gambut.

Menanggapi hal tersebut, Siti Nurbaya selaku Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menjelaskan bahwa semua unsur baik dari pihak Polisi hingga PPNS sudah bekerja sama dalam hal penegakan hukum. Hasilnya ada masalah pembakaran hutan yang sedang melakukan proses di pengadilan dan bahkan sudah ada pelaku yang dihukum karena terbukti bersalah. Sepanjang tahun 2015-2016, pihak Kementrian juga tengah menyusun empat gugatan terhadap perusahaan dan ada dua gugatan terhadap perusahaan yang sedang berproses di meja hijau.

Siti juga menambahkan bahwa baru saja Kementrian Lingkungan Hidup memenangkan persidangan atas PT National Sago Prima di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan terkait kasus kebakaran hutan di Riau pada tahun lalu. Hasil dari putusan tersebut adalah, perusahaan National Sago Prima didenda dengan membayar kepada Negara sebesar 1,040 triliun rupiah.

Komentar

Loading...