Ternyata Gejala Anemia Bukan Hanya Pusing, Ini yang Harus Kamu Waspadai

Ternyata Gejala Anemia Bukan Hanya Pusing, Ini yang Harus Kamu Waspadai

230

Secara umum, anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah sehat dalam darah berkurang. Beberapa factor penyebab anemia misalnya kekurangan zat besi, kehilangan banyak darah, kurang gizi dan factor genetic. Mungkin secara umum yang kita ketahui,gejala umum dari anemia adalah pusing atau sakit kepala. Namun ternyata gejalanya bukan hanya itu saja lhoo.  Jika anemia dibiarkan saja, maka akan menyebabkan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Ternyata Gejala Anemia Bukan Hanya Pusing, Ini yang Harus Kamu WaspadaiApa saja gejala anemia yang harus kita waspadai? Let’s find out

  • Jantung berdegup kencang

Jantung yang berdegup kencang bisa jadi gejala anemia. Hal ini karena jantung mengalami tekanan akibat tak mendapat cukup darah

  • Nyeri pada dada

Sering merasakan nyeri dada? Itu bisa jadi sinyal kalau jantungmu sedang bekerja ekstra keras karena berkurangnya jumlah sel darah merah dalam tubuh.

  • Kuku getas atau rapuh

Cek kukumu. Kalau kukumu gampang rapuh atau getas, bisa jadi kamu mengalami anemia. Perlu tes dan pengecekan lebih lanjut untuk memastikannya.

  • Kulit kusam

Kalau kulitmu pucat dan kusam, bisa jadi itu gejala kalau kadar darah dalam tubuhmu tidak optimal. Dan bisa jadi indikasi kamu mengalami anemia.

  • Kadar hemoglobin rendah

Jika kadar hemoglobinmu rendah, kemungkinan bisa saja kamu sedang mengalami anemia, segera hubungi dokter dan harus ditangani secepatnya

  • Wasir

Wasir juga bisa jadi salah satu gejala anemia. Kalau kamu mengalami wasir atau tukak lambung, baiknya segera hubungi dokter karena bisa jadi ini gejala anemia akibat berkurangnya darah dalam tubuh.

Itu tadi beberapa gejala lain dari anemia yang perlu kita waspadai. Jika kamu mengalami gejala tersebut, segera periksa ke dokter yaa.  Karena semakin cepat ditangani akan semakin baik. Semoga bermanfaat.

Komentar

Loading...