Gigi Tiba-tiba Berlubang Tanda Diabetes?

Gigi Tiba-tiba Berlubang Tanda Diabetes?

164

Sebagian dari kita selalu berpikiran bahwa sakit gigi dan gigi berlubang adalah dampak dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dan sjarang melakukan sikat gigi, sehingga gigi rusak. Hal ini memang benar, karena kemungkinan besar masalah gigi berlubang bisa timbul karena kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi.
Gigi berlubang, tanda diabetesNamun ternyata, ada fakta lain dibalik gigi sakit dan berlubang. Menurut Betty Haberkamp, dokter gigi di Cleveland Clinic, masalah yang terjadi pada gusi, gigi dan lidah bisa menjadi tanda penyakit lain yang ada di tubuh. Termasuk jika tiba-tiba saja kamu jadi memiliki banyak gigi berlubang. Apalagi jika kamu sudah hidup sehat, selalu sikat gigi dan tak pernah mengalami gigi berlubang tapi tiba-tiba kamu menemukan bahwa beberapa gigimu ternyata berlubang, kemungkinan besar ini adalah tanda penyakit diabetes.
Gigi berlubang bisa jadi tanda bahwa tubuhmu kesulitan memproses glukosa, dan ketika ini terjadi, gula bercampur bersama ludah di dalam mulut dan meningkatkan aktivitas bakteri di dalam mulut yang merusak gigi dan menjadikan gigi berlubang. Kamu juga kemungkinan besar merasa sakit saat makan makanan tertentu seperti makanan manis, panas atau dingin. Gigi jadi sensitif saat makan. Tak jarang juga diikuti timbulnya masalah gusi, sariawan, dan mulut kering.
Jadi, jika kamu memilki masalah dengan mulut dan gigi, segera konsultasikan pada dokter yaaa.

Komentar

Loading...