Computer Syndrome Vision, Apa Itu?

Computer Syndrome Vision, Apa Itu?

153

Mata merah, kering, hingga tidur tak nyenyak adalah salah satu hal yang akan terjadi ketika kita sering menghabiskan waktu didepan layar computer atau gadget. Jika kamu mengalami hal tersebut, waspadai bisa saja kamu mengalami Computer Vision Syndrome (CVS).  Dikutip dari lifehack.org, CVS tidak hanya tentang gangguan mata, namun juga kondisi yang muncul karena terlalu lama didepan computer dan dalam jangka waktu yang lama dan terus-menerus. CVS tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa namun saat ini, anak-anak juga bisa menderita karena ecanduan video games, tablet, bahkan ponsel. Ini gejala dan cara sederhana pencegahannya.

Computer Syndrome Vision, Apa ItuBerikut gejala umum Computer Vision Syndrome (CVS)

  1. Pandangan mata kabur (blurry), butuh usaha yang lebih keras untuk melihat sesuatu dengan jelas.
    2. Semuanya terlihat dobel, saat melihat sebuah objek, objek tersebut tampak ganda.
    3. Mata kering dan mata merah, kadang terasa gatal.
    4. Iritasi mata, sampai harus menggunakan obat tetes air mata untuk mengatasinya.
    5. Sakit kepala, baru menggunakan komputer dalam waktu singkat kamu langsung merasa pusing.

Pencegahan dengan Teknik 20-20-20

Salah satu tips untuk terhindar dari CVS, tips ini mungkin bisa dicoba. Tips yang dimaksudkan  teknik 20-20-20. Jadi, setiap 20 menit sekali, kamu perlu mengistirahatkan mata selama 20 detik untuk menatap objek yang berada 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempatmu berada. Mudah bukan?

 

Jika memang aktivitas kita menuntut untuk selalu di depan computer selama berjam-jam dalam sehari penting sekali untuk menyempatkan diri untuk emngistirahatkan mata. Dengan begitu, kesehatan mata tetap terjaga.

Komentar

Loading...