Hati-hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Rusak Kesehatan Gigi

Hati-hati, 5 Aktivitas Ini Bisa Rusak Kesehatan Gigi

282

Gigi merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki fungsi untuk mendukung salah satu proses pencernaan yaitu menghancurkan makanan. Tak hanya itu, gigi juga merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa mendukung penampilan kita menjadi semakin mengesankan dan menarik. Apalagi jika gigi tersebut putih, bersih,dan bebas dari masalah gigi berlubang. Untuk mendapat kan gigi yang seperti demikian, bisa dilakukan banyak hal. Salah satunya adala melakukan perawatan gigi yang baik. Salah satu cara merawat gigi adalah melakukan gosok gigi secara teratur. Namun ternyata, jika kita menggosok gigi dengan menggunakan bulu sikat gigi yang kasar ternyata justru akan merusak gigi karena Para peneliti mengungkapkan bahwa sikat gigi yang kasar bisa membuat gigi mudah rusak, keropos hingga patah. Dan dikutip dari webmmd.com, beberapa hal dibawah ini yang mungkin sering kita sadari ternyata dapat merusak kesehatan gigi lho. Apa saja? Let’s find out

Hati-hati, 5 Aktivitas Ini BisaRusak Kesehatan Gigi
1. Mengunyah es batu
Mengunyah es batu memang memiliki sensasi yang mengesankan dan bikin senang. Tapi, jika hal ini terlalu sering dilakukan, ini bisa merusak kesehatan gigi. Tak hanya mengunyah es batu yang bikin gigi rusak, menempatkan es batu pada sirup buah dan soda juga akan membuat gigi rentan rusak juga linu.
2. Sering konsumsi minuman berkafein
Ketika sibuk bekerja, tidak jarang seseorang akan konsumsi minuman berkafein berupa teh atau kopi. Tak hanya ketika bekerja, banyak orang suka konsumsi teh dan kopi setiap hari. Asal kita tahu Ladies, minuman yang mengandung kafein sebenarnya merupakan minuman yang mudah sekali menyebabkan kerusakan pada gigi. Dalam penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Dentistry dan Journal of Dental Association mengungkapkan bahwa kerusakan gigi akibat kafein antara lain adalah gigi kuning, gigi keropos dan gigi berlubang.
3. Mengunyah permen
Rasa manis permen memang sering kali membuat siapa saja merasa nyaman dan senang. Permen juga merupakan salah satu makanan yang bisa dinikmati kapan saja serta dimana saja. Tapi, jangan sering-sering konsumsi permen jika kamu tak ingin kamu rusak dan sakit. Para ahli mengungkapkan bahwa permen adalah salah satu makanan yang membuat gigi rusak parah dengan waktu yang sangat cepat. Bahkan, mengunyah permen akan membuat kerusakan gigi lebih buruk sebesar 50 persen.
4. Olahraga tanpa menggunakan pelindung gigi
Olahraga merupakan kegiatan yang membuat tubuh lebih bugar. Tapi, saat melakukan olahraga usahakan untuk memakai pelindung gigi ya. Para ahli mengungkapkan bahwa aktivitas olahraga dan tidak memakai gigi akan memungkinkan gigi mudah rusak. Terlebih lagi, jika olahraga ini merupakan olahraga berat seperti halnya tinju, gulat, pencak silat dan sejenisnya.
Selain beberapa hal diatas, minum soda, makan atau minum panas, berenang, terlalu sering menyikat gigi juga menyobek plastik atau benda keras menggunakan gigi juga bisa menyebabkan kerusakan pada gigi lhoo. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kita yaa.

Komentar

Loading...