Pihak Imigrasi Selidiki Keaslian Paspor Menteri ESDM

Pihak Imigrasi Selidiki Keaslian Paspor Menteri ESDM

189

Akhir-akhir ini, masyarakat sempat dihebohkan dengan kabar bahwa Menteri ESDM yang baru saja dilantik, Arcandra Tahar memiliki duastatus kewarganegaraan. Diduga, selain berwarganegaraan Indonesia, ia juga berstatus warga negara Amerika Serikat. Namun pada beberapa kesempata saat ditemui wartawan, ia mengaku masih menjadi warga Negara Indonesia. Meskipun ia sudah hampir dua decade tinggal di Amerika sejak tahun 1996, ia mengaku masih WNI dengan paspor yang masih valid. Tak hanya itu, dia pun menekankan status kewarganegaraannya dengan merujuk wajah dan logat bahasanya sembari bercanda.

Pihak Imigrasi Selidiki Keaslian Paspor Menteri ESDM “Kami tegaskan bahwa Pak Arcandra Tahar adalah pemegang paspor Indonesia,” kata Pratikno selaku Menteri Sekretaris Negara. Menurutnya, menteri ESDM lulusan ITB tersebut masuk ke Indonesia dengan menggunakan paspor Indonesia yang masih berlaku hingga tahun depan.

Menanggapi hal ini, Kepala Humas Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Heru Santoso mengungkapkan bahwa ia bersama timnya pada saat ini masih melakukan pengecekan paspor dari Arcandra. Heru juga mengatakan bahwa mereka sedang memeriksa data perlintasan Imigrasi dari Arcandra. Data perlintasan merupakan catatn administrasi keluar masuknya warga Negara dari Indonesia. Namun, pihaknya tidak bisa memastikan kapan pengecekan data tersebut bisa selesai hingga nantinya akan dipublikasikan.

Komentar

Loading...