Waspada Sektor Pedagangan dengan Vietnam

Waspada Sektor Pedagangan dengan Vietnam

419

Saat ini sebagai mitra dagang, Indonesia harus berhati-hati dengan Vietnam. Hal ini dikarenakan Vietnam sudah mulai memasuki ranah bidang produksi alat-alat elektronik.

Waspada Sektor Pedagangan dengan Vietnam“Kalau saya lihat Vietnam sekarang seperti kuda hitam. Dalam artian, di ASEAN kan kita selama ini defisitnya sama Thailand terus, kalau enggak hati-hati, mungkin Vietnam akan menyusul juga,” kata  Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS), Sasmito Hadi Wibowo. Sasmito jua melanjutkan bahwa sampai saat ini Vietnam telah banyak memproduksi alat-alat elektronik misalnya produk ponsel dan computer yang juga diekspor di bebagai Negara ASEAN. Tak hanya itu, Indonesia juga lakukan impor beras dan sesekali impor cabai dari Vietnam. Tak hanya bidang pangan dan elektronik, di bidang enaga kerja juga perlu diwaspadai karena tenaga kerja Vietnam masih tergolong murah biayanya dan juga mereka pekerja keras.

“Tenaga kerja mereka masih murah, mereka pekerja keras. Kita harus waspada dengan meningkatkan ekspor kita. Tapi bukan mengurangi impor ya. Kalau impor kita tinggi, ekspor kita gimana caranya harus ditinggiin lagi. Supaya perdaganagn internasional kita besar dan dampak ke ekonomi kita besar juga. Kalau kita dorong impor saja, itu enggak bagus, makannya harus dorong ekspor juga,” jelas Sasmito.

Komentar

Loading...