Ini Evaluasi Sistem Perekrutan Paskibraka

Ini Evaluasi Sistem Perekrutan Paskibraka

209

Evaluasi tentang system perekrutan anggota paskibraka untuk tahun depan akan segera dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Evaluasi ini merupakan dampak dari polemic yang beberapa hari yang lalu santar terdengar tentang salah satu calon anggota Paskibraka, Gloria Natapraja Hamel yang batal dilantik dikarenakan status kewarganegaraannya yang memiliki paspor Perancis. Imam menjelaskan bahwa pesoalan tentang paspor Gloria baru ada ketika proses seleksi calon anggota Paskibraka pada tingkat nasional. Pada waktu itu, setelah 1 minggu berjalan, semua peserta ditanyakan tentang paspor untik program kunjungan duta belia ke Malaysia. Baru dari kejadian tersebut, ketahuan bahwa Gloria memiliki paspor Perancis. Duta belia merupakan program tambahan untuk calon anggota Paskibraka setelah mengikuti proses latihan di Jakarta.

Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kedua kiri) dan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan (ketiga kiri) menyalami anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) tahun 2015 usai pengukuhan di Istana Negara, Jakarta, Sabtu (15/8). Presiden mengukuhkan 68 pelajar SMA dari 34 provinsi menjadi anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan sang saka Merah Putih pada peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-70 di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus nanti. ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma/foc/15.

Setelah mengetahui masalah paspor tersebut, pihak Kemenpora dan Garnisun kemudian langsung mengadakan konsultasi dengan kementrian yang terkait untuk pemecahan permasalahan paspor Gloria. Tak hanya itu, Menteri Imam akan mengevaluasi program duta belia .

Namun pada hari ini, Gloria diizinkan untuk bergabung dengan Paskibraka dalam upacara prosesi penuruna bendera Sang Saka Merah Putih di Istana Kepresidenan. Menteri Pemuda dan Olahraga juga menjelaskan bahwa ada alasan lain dikarenakan Presiden Joko Widodo sangat merespon tentang masalah ini dan mengambil langkah cepat dengan memanggil Gloria ke Istana dengan pendampingan dari Kemenpora serta empati dai public mengenai masalah Gloria ini.

Komentar

Loading...