Pertempuran Kembali Terjadi di Sudan Selatan

Pertempuran Kembali Terjadi di Sudan Selatan

289

Pertempuran kembali pecah antara pasukan yang setia dengan priden dan kelompok oposisi di Kota Yei, yang terletak di barat daya Juba, ibukota Sudan Selatan. Terjadinya insiden ini memicu kekhawatiran Negara tersebut akan segera kembali melakukan perang sipil.

Pertempuran Kembali Terjadi di Sudan Selatan“Pasukan kami telah berhasil menutup jalan Juba-Yei. Pasukan kami menghancurkan konvoi pasukan pemerintah yang menyerang pasukan kami,” ujar Juru bicara kelompok Oposisi, James Gatdet. Dikutip dari Reuters berdasarkan cerita seorang saksi, dirinya mendengar suara tembakan senjata berat di wilayah sekitar Yei, yang terletak di jalan yang menghubungkan ibukota Juba dengan Negara tetangga Uganda.

Belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah terkait insiden ini. Karena kedua kubu sering menyalahkan satu sama lain dalam setiap insiden yang terjadi. Konflik ini berula akibat perbedaan  politik presden Aalva Kiir dengan Riek Machar yang merupakan mantan wakilnya. Insiden pertama terjadi antar pecah para pendukungnya pada akhir tahun 2013 yang kemudian keduanya menandatangani kesepakatan damai pada bulan Agustus 2015. Pada bulan lalu, pertempuran sporadic terjadi hingga PBB mengirimkan sebnayak 4.000 personel.

Komentar

Loading...