Ini Orang Dibalik Penayangan #Upacara360 Saat Upacara 17 Agustus Kemarin

Ini Orang Dibalik Penayangan #Upacara360 Saat Upacara 17 Agustus Kemarin

338

Pada saat peringatan hari kemerdekaan Indonesia kemarin, akun YouTube milik Presiden Jokowi secara langsung menyiarkan proses upacara peringatan HUT RI dengan teknologi sudut pandang 360 derajat. Para netizen bisa menikmati suasana 4 lokasi yang berbeda pada rangkaian upacara secara menyeluruh dengan menggunakan kecanggihan teknologi kamera 360 derajat yang direalisasikan oleh actor Dennis Adiswara dan beberapa timnya dari Layaria Network. Dua minggu lalu Dennis dan sejumlah orang yang aktif di medsos diundang Biro Pers, Media dan Informasi Kepresidenan untuk melakukan makan siang bersama Presiden. Dan ide menggunakan kamera 360 dimulai dari acara ini.

Ini Orang Dibalik Penayangan #Upacara360 Saat Upacara 17 Agustus Kemarin“Di tengah obrolan, muncul wacana tentang gagasan pakai teknologi kamera 360 untuk merekam momen penting seperti HUT RI. Kemudian baru Jumat (12/8) kemarin, biro pers kepresidenan mengontak kami, untuk merealisasikan gagasan itu. Kami kaget banget. Sempat mikir-mikir juga, waktunya sudah mepet. Dan kami juga tidak mau main-main saat persiapannya. Kami juga langsung membagi tugas dan meminta bantuan 2 orang dari Layaria Network yang memang ahli dalam bidang ini. Utomo dan Yudi adalah duo yang menggeluti video 360. Jadi saya ajak mereka sebagai operator. Hari Jumat itu saat kami mau survei, kami sampai ke department store dulu beli kemeja supaya bisa masuk ke Istana. Ya meskipun periapannya hanya sebentar, tetapi kami senang sekali diajak. It’s like now or never. Jadi kami sanggupi saja meski waktu mepet. Presiden Jokowi memang ingin memberi sentuhan berbeda agar masyarakat bisa ikut menikmati momen itu” cerita Dennis sesaat setelah acara selesai.

Siaran langsung upacara dengan format video 360 derajat ini juga didukung oleh Google Indonesia yang berawal dari para YouTuber Indonesia mempromosikan siaran tersebut. Dan pada saat siaran berlangsung, Dennis dan tim menggunakan kamera 360 Ricoh Theta S, dengan titik pengambilan gambar ada pada 4 lokasi yaitu mulai dari Monas hingga Istana Presiden.  Siaran ini telah sukses ditonton oleh masyarakat dan yang paling ditonton adalah video yang berjudul Upacara Dalam Istana (View Media Pit) #Upacara360 yang telah ditonton sebanyak 99.826 kali.

Komentar

Loading...