Benarkah Semakin Kental Jus, Semakin Baik untuk Diet?

Benarkah Semakin Kental Jus, Semakin Baik untuk Diet?

162

Jika kamu ingin jus sebagai menu diet, sebaiknya konsumsi jus yang tidak terlalu encer dan manis. Semakin kental jus yang kita konsumsi, maka semakin baik dan cepat pula menurunkan berat badan. Sebuah pebelitian di American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa rasa kenyang setelah minum jus kental dan padat dengan hanya mengandung sekitar 100 kalori mampu memperkecil ukuran pinggang. Sehingga tak heran jika semakin kental jus, maka semakin perut kenyang dan penuh sehingga kita tak tergoda camilan.

Benarkah Semakin Kental Jus, Semakin Baik untuk DietPenelitian lain juga menyebutkan bahwa jika perut terasa kenyang karena minum jus yang kental memang sudah terbukti dapat menurunkan berat abdan lebih cepat dibandingkan meminum jus yang encer dan bahkan jika itu tidak ditambahi gula sama sekali. Sebeuah penelitian yang diadakan oleh peneliti asal Wageningen University dari Belanda meminta partisipan minum jus dengan tingkat kekentalan dan kalori yang berbeda. Jus dibedakan jadi empat, yaitu jus encer dengan 100 kalori, jus encer dengan 500 kalori, jus kental dengan 100 kalori dan jus kental dengan 500 kalori. Mereka minum gelas jus yang tak diketahui berapa banyak kalorinya. Partisipan akan dicek selama 10 menit sekali melalui MRI untuk mengetahui pergerakan jus di dalam perut. Hasilnya, jus kental dengan 500 kalori mencapai hasil yang menakjubkan. Butuh waktu 82 menit untuk keluar dari perut. Dengan kata lain, semakin lama jus diproses semakin baik tubuh mencegah rasa lapar datang.

Jadi bagaimana? Kamu ingin memasukkan ke dalam daftar menu dietmu untuk jus sayur dan buah kental  yang kaya serat dan nutrisi agar perutmu terasa kenyang lebih lama? Selamat mencoba yaaa.

Komentar

Loading...