Hindari Adanya Teroris, Bandara di Jerman Akan Dipasangi Kamera Pengenal Wajah

Hindari Adanya Teroris, Bandara di Jerman Akan Dipasangi Kamera Pengenal Wajah

276

Thomas de Maiziere selaku Menteri Dalam Negeri Jerman akan meperkenalkan perangkat lunak untuk mengenal wajah di stasiun kereta dan bandara untuk mempermudah identifikasi tersangka teror mengingat serangan militan yang terjadi pada bulan lalu.
Hindari Adanya Teroris, Bandara di Jerman Akan Dipasangi Kamera Pengenal Wajah“Saya ingin menggunakan teknologi pengenal wajah pada video kamera di bandara dan stasiun kereta. Kemudian, jika tersangka terlihat dan dikenali, akan ada pemberitahuannya pada sistem,” ujar De Maiziere dalam wawancaranya di kabar berita Bild am Sonntag. Ia juga menjelaskan bahwa sistem yang sama sebelumnya sudah diuji coba pada pengecekan bagasi tanpa pemilik dan hasilnya kamera melaporkan dalam beberapa menit.
Jerman mulai berjaga-jaga dalam kondisi siaga setelah sebelumnya terdapat kejadian bahwa sekelompok militan ISIS mengabarkan bahwa mereka adalah dalang dari 2 penyerangan yang terjadi di Jeman beberpaa waktu lalu. Salah satu penyerangan telah terjadi di kereta dekat Wuerzburg dan serangan lain terjadi di festival musik di Ansbach. Dalam kejadian tersebut, pelaku telah melukai sekitar kurang lebih 20 orang.
Nampaknya banyak negara yang ingin menerapkan teknolgi yang serupa. Namun secara budaya masyarakat Jerman terlihat skeptis jika tentang pengawasan semacam itu karena penindasan yang pernah dilakukan polisi rahasia Atasi di Jerman Timur dan Gestapo dibawah pipinan Nazi.

Komentar

Loading...