25 Tahun World Wide Web

25 Tahun World Wide Web

142

Tepat 25 tahun yang lalu, atau pada tanggal 23 Agustus 1991 Tim Bernes dan Lee membat sebuah akses yang menghubungkan orang-orang diseluruh dunia dalam sebuah network yang bernama World Wide Web atau disebut juga W3. W3 mengacu pada jaringan yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi yang meliputu halaman web, video, dokumen dan gamar yang bisa disimpan. Asal mula internet seperti yang kenal saat ini pertama kali terhubung pada tahun 1969 yang kemudian dilakukan pengembangan oleh Tim ketika bekerja untuk CERN yang merupakan pusat laboratorium partikel fiisika dari Swiss, dimana internet yang dikembangkan oleh Tim mengacu pada jaringan yang lebih luas.

25 Tahun World Wide WebPada awal Agustus 1991 Tim mulai memperkenalkan web pertamaya yang bisa diakses secara terbatas dalam kalangan internal CERN. Kemudian tepat pada tanggal 23 Agustus di tahun yang sama Tim Bernes-Lee mengundang orang-orang di luar CERN untuk mencoba dan bergabung dengan web. Ini asal mula yang menandai hari jadi internet.

Sampai saat ini, Tim masih terusmelakukan improvisasi dalam bidang ini dengan menginisiasi sebuah yayasan yang bertujuan mengkoordinasi potensi lebih luas dari manfaat internet untuk manusia. Dan berkat jasanya tersebut, Tim diberikan sejumlah pnghargaan dalam bidang inovasi teknis, yang salah satunya di tahun 2007 ia mendapatkan penghargaan Queen Elizabeth Prize for Engineering.

Komentar

Loading...