Benarkah Protein Ini Bisa Membuat Umur Panjang?

Benarkah Protein Ini Bisa Membuat Umur Panjang?

154

Sebuah studi yang dilakukan oleh Massachusetts General Hospital yang kemudian dimuat dalam JAMA Internal Medicine menyebutkan bahwa seberapa banyak protein yang anda konsumsi dan berasal dari mana protein tersebut akan mempengaruhi umur anda. Karena para peneliti menemukan mereka yang memilih protein hewani terutama daging olahan akan memiliki resiko kematian lebih besar daripada yang memilih protein nabati.
Benarkah Protein Ini Bisa Membuat Umur PanjangStudi terbaru ini melanjutkan dari data riset jangka panjang yang sebelumnya. Panelis diawasi selama 26-30 tahun dan diminta menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai kesehatan dan pola makan mereka. Rata-rata, para panelis mendapat kalori mereka dari protein hewani sebesar 14% dan nabati 4%. Setelah itu, dicocokkan gaya hidup panelis dan factor yang lain dan peneliti menukan bahwa panelis yang sering mengkonsumsi produk hewani termasuk daging merah,unggas dan ikan mengalami peningkatan kematian yang lebih besar dibanding panelis yang lebih banyak mengkonsumsi protein nabati. Pola gaya hidup yang dimaksud antara lain merokok, hobi minum alcohol, olahraga dan menjaga berat badan ideal.
“Mereka yang sedikit makan daging, sedikit pula risiko menjadi obesitas, menderita diabetes tipe-2 dan penyakit jantung. Memilih protein nabati daripada protein hewani, meski ini tidak berarti Anda harus menjadi vegetarian, akan membuat perbedaan besar.” Kata Cynthia Sass, RD yang merupakan seorang ahli nutrisi.
Pada intinya, penelitian ini menyarankan agar kita lebih memilih protein nabati daripada hewani yang berupa daging merah dan olahan jika ingin memiliki usia yang panjang.

Komentar

Loading...