Ratusan Pagoda Hancur Akibat Gempa yang Terjadi di Myanmar

Ratusan Pagoda Hancur Akibat Gempa yang Terjadi di Myanmar

270

Pada hari Rabu kemarin, gempa dengan kekuatan 6.8 SR mengguncang daerah Myanmar yang menelan korban 3 orang tewas dimana dua diantaranya adalah anak-anak denan usia 7 taun 15 tahun di wilayah Magway. Dan satu korban lain adalah pria denan usia 22 tahun akibar tertimpa reruntuhan. Selain itu, akibart dari gemoa ini membuat lebih dari dua ratus pagoda budha rusak dan beberapa yang lain ambruk. Ratusan pagoda dan kuil budha yang rusak diantaranya terletak di Kota Chauk.

Ratusan Pagoda Hancur Akibat Gempa yang Terjadi di MyanmarGempa bumi ini memiliki kedalaman 84 kilometer dan bahkan dirasakan hingga ke Negara tetangga seperti Thailand, India dan Bangladesh.

“Lebih dari delapan pagoda di kota ambruk. Dua bangunan juga rubuh, beberapa lainnya retak, warga masih ketakutan. Ini merupakan gempa terparah yang pernah saya rasakan,” kata Soe Win yang merupakan seorang politisi asal Chauk.

Kerusakan yang terparah dilaporkan terjadi di kota kuno Bagan dimana Kementrian Agama dan Budaya Myanmar menerangkan bahwa setidaknya 171 dari 2.500 monumen Buddha di kota ini rusak akibat getaran. Dari foto-fot yang beredar memperlihatkan bahwa debu beterbangan di beberapa kuil di Bagan dengan bata-bata bangunan rontol padahal kuil yang dibangun di abad ke-10 dan 14 itu merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan, terutama di saat matahari terbenam.

Komentar

Loading...