Peternak Kambing Resah dengan Harga Kambing Jelang Idul Adha

Peternak Kambing Resah dengan Harga Kambing Jelang Idul Adha

194

Para peternak kambing di Kabupaten Jombang, Jawa Timur mengeluh karena harga kambing justru anjlok menjelang Hari Raya Idul Adha dan penurunan ini dinilai lebih parah daripada tahun lalu. Keadaan ini tentu membuat para peternak khawatir karena Idul Adha sudah tinggal  menghitung hari. Harapan meraup keuntungan pada Hari besar ini nampaknya sulit terwujud karena harga kambing yang lebih rendah dibandingkan pada Idul Adha di tahun sebelumnya.

Peternak Kambing Resah dengan Harga Kambing Jelang Idul AdhaSalah seorang peternak kambing di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Jombang mengaku bingung dengan keadaan seperti ini. Padahal setiap tahunnya dirinya selalu menyetok ratusan ekor kambing untuk digemukkan dan akan dijual menjelang Idul Adha. Namun, dikarenakan harga kambing yang turun dibanding tahun lalu membuat hal ini menjadi sulit. Di tahun kemarin, kambing ukuran sedang bisa dijual dengan harga mencapai 2.5 jutaan perekor dan kini hanya bisa dijual 2.2 jutaan.

Turunnya harga kambing ini disebabkan karena banyak masyarakat yang kini lebih memilih kurban sapi dibandingkan kambing. Sebagian besar dari mereka membeli sapi dengan cara iuran beberapa orang dan dengan jumlah iuran yang sama, mereka lebih memilih sapi dibandingkan kambing karena jumlah daging sapi yang lebih banyak.

Komentar

Loading...