Bahaya Minum dari Gelas yang Sama tanpa Dicuci Terlebih Dahulu

Bahaya Minum dari Gelas yang Sama tanpa Dicuci Terlebih Dahulu

181

Mungkin seringkali sebagian dari anda telah memiliki stok gelas pada tempattempat tertentu dan tinggal diisi saat sudah habis. Namun masalahnya, anda mengisi air pada gelas yang sama dan bahkan jarang untuk dicuci. Mungkin ini juga sempat telintas di pikiran anda, apakah aman air dan gelas yang anda gunakan untuk minum meskipun gelas tersebut tdak berbekas dan terlihat bersih?
Bahaya Minum dari Gelas yang Sama tanpa Dicuci Terlebih DahuluPasalnya mikroorganisme butuh lingkungan yang lembab untuk tetap bisa hidup, dan besar kemungkinan jika gelas anda bisa menjadi tempat hidup mikroorganisme tersebut. Jadi, gelas yang anda gunakan jika tidak dicuci bisa membawa resiko menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme yang berbahaya. Dan setiap kali anda meneguk air, artinya anda memasukkan mikroorganisme ke dalam mulut anda dari gelas.
“Jika Anda tidak mengeringkan gelas dengan sempurna sebelum menggunakannya lagi maka mungkin akan ada cukup waktu untuk mikroorganisme itu bereplika dan menyebabkan penyakit lagi. Semakin banyak orang yang menggunakan gelas yang sama,semakin besar kemungkinan adanya bakteri yang bisa membuat Anda sakit,” kata Aaron Margolin, PhD yang merupakan seorang professr mikrobiologi di University Of New Hampshire. Ia juga mengatakan bahwa selain dari gelas, sumber air yang anda manfaatkan untuk minum juga berpengaruh. Air sumur diyakini membantu mencegah tumbuhnya bakteri karena tidak mengandung klorin.
Oleh karena itu, ada baiknya jika anda membatasi penggunaan gelas untuk minum hanya untuk satu individu dan harus dipastikan juga bahwa air dan gelas benar-benar bersih. Tak hanya itu, setelah digunakan jangan lupa untuk mencuci gelas dan kemudian dikeringkan hingga benar.

Komentar

Loading...