Apakah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Air?

Apakah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Air?

184

Disadari atau tidak, tubuh kita memang didominasi oleh air. Sehingga tubuh harus senantiasa terhidrasi dengan baik agar organ-organ dalam tubuh juga berjalan dengan baik dan maksimal. Oleh karena itu, setiap hari kita dianjurkan untuk meminum setidaknya 8 gelas dalam sehari. Namun, apa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan air?

Apakah yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Air

  1. Darah akan menjadi lebih kental. Karena darah terdiri atas 92% air, saat kamu kurang air maka darah tak akan secair saat terhidrasi dengan baik. Darah yang mengental bisa menyebabkan sakit mata, sakit kepala, badan lemas, pusing, sering migrain, mudah mengantuk, anemia, dan pegal-pegal.
  2. Air akan membantu membuang racun yang masuk ke dalam tubuh. Jadi ketika kamu dehidrasi, racun akan menumpuk dalam tubuh dan bakteri bisa berkembang biak didalam sehingga bisa menyebabkan peradangan, nyeri dan masalah ginjal yang bersiap menyerang.
  3. Saat dehidrasi, tubuh senderung akan memroduksi kolestrol lebih banyak karena berusaha untuk menahan air dalam sel.
  4. Dehidrasi juga aan membuat kulit menjadi lebih kering. Sehigga kulit akan menjadi rusak dan muncul keriput serta binti-bintik.
  5. Saat kekurangan air, aktivitas enzim dalam tubuh akan menjadi lebih lambat. Hal ini akan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah.

Nah itu dia alasannya kenapa dehidrasi berbahaya bagi tubuh. Usahakan setiap hari megkonsumsi air minum yang cukup yaa agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan jauh dari ancaman penyakit.

Komentar

Loading...