Apakah Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan?

Apakah Bahaya Botol Plastik Bagi Kesehatan?

229

Saat ini, botol plastik memang dapat kita jumpai dimana pun karena berkat kehadiran botol plastik membuat segalanya menjadi lebih praktis. Namun manfaat praktisnya juga memiliki kelemahan bahwa botol plastik tidak mudah terurai hingga membutuhkan waktu 450 sampai 1000 tahun untuk bisa menguraikannya sehingga membuat bumi semakin penuh dengan sampah. Dan yang paling sering kita jumpai, beberapa diantara kita pasti sering menggunakan kembali botol palstik bekas minuman. Padahal botol ini hanya diperbolehkan untuk dipakai sekali karena menyimpan bahaya bagi tubuh.

Apakah Bahaya Botol Plastik Bagi KesehatanSeperti yang kita ketahui, botol minuman kemasan rata-rata terbuat dari bahan plastik yang merupakan bahan sitetis yang diproduksi dengan campuran senyawa kimia.. jenis plastik yang paling aman untuk tubuh adalah plastik jenis PET namun hanya boleh digunakan satu kali saja. Ketika plastik jenis ini didaur ulang atau digunakan kembali akan ada proses kimia yang membuat plastik ini melepaskan zat kimia yang disebut Bisphenol A (BPA) dimana zat inilah yang akan mempengaruhi kerja dari kesehatan sehingga menyebabkan gangguan pada tubuh.tak hanya itu, botol plastik juga mengandung zat kimia yang disebut dnegan phthalates yang membuat plastik memiliki sifat fleksibel. Dan lagi-lagi, zat ini berbahaya bagi tubuh karena bisa menjadi pemicu masalah kesehatan seperti kanker hati, menurunkan jumlah sperma dan masalah kesehatan reproduksi yang lain.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kita lebih menggunakan gelas kaca atau bahan yang lainnya dibandingkan plastik. Hal ini selain berfungsi untuk mencegah resiko penyakit tetapi juga untuk mengurangi produksi limbah sehingga bumi kita tetap terjaga.

Komentar

Loading...