Menteri Kelautan dan Perikanan Temukan Modus Baru Pencurian Ikan di Benoa

Menteri Kelautan dan Perikanan Temukan Modus Baru Pencurian Ikan di Benoa

312

Susi Pudjiastuti selaku Menteri Kelautan dan Perikanan pada 2 Agustus kemarin melakukan inspeksi dadakan ke Pelabuhan Benoa, Bali bersama Satuan Petugas 115. Dalam inspeksinya tersebut, Susi mengaku temukan tiga modus baru praktik pencurian ikan.

Menteri Kelautan dan Perikanan Temukan Modus Baru Pencurian Ikan di BenoaModus yang pertama adalah dengan meminjam izin. Maksudnya kapal beroperasi menggunakan dokumen izin penangkapan ikan milik kapal lain.  “Modus ini dilakukan untuk mengelabui pengawas dan penegak hukum agar kapal yang sudah tidak memiliki izin atau eks asing yang dilarang beroperasi dapat tetap beroperasi melakukan penangkapan ikan,” Jelas mantan bos Susi Air tersebut.

Modus yang kedua adalah mengubah kapal eks asing seolah-olah menjadi kapal buatan dalam negeri. Kapa umumnya yang berbadan fiber atau besi akan dilapisi kayu. Dan saat ini telah terdapat 27 kapal yang telah menggunakan modusi ini dan sampai sekarang sudah dalam tahap penyelidikan.Dengan menggunakan modus ini pemilik kapal mendaftarkan kapalnya pada izin kapal perikanan Provinsi Bali dan izin perikanan pemerintah pusat.

Kemudian modus yang ketiga adalah dengan cara pemilik kapal eks asing keluar dari eilayah Indonesia tanpa melalui proses deregistrasi yang pada umumnya mereka berpendapat bahwa kapal akan dijual ke luar negeri dan deregistrasi baru dilakukan di negara tujuan. Modus ini sangat mungkin dilakukan karena pmilik kapal tidak dapat melaksanakan persyaratan ntuk deregistrasi.Salah satu syarat dari deristrasi adalah dengan menunjukkan validitas legalitas dokumen dari kapal.

Komentar

Loading...