Bobby Adhityo Rizaldi Setujui Adanya Dwi Kewarganegaraan

Bobby Adhityo Rizaldi Setujui Adanya Dwi Kewarganegaraan

169

Salah satu Anggota Komisi I DPR RI, Bobby Adhityo Rizaldi mendukung wacana pemerinta yang akan menerapkan sistem dwi kewarganegaraan karena menurutnya hal ini bisa mengikat diaspora sukses seperti Acandra Tahar misalnya.

Bobby Adhityo Rizaldi Setujui Adanya Dwi Kewarganegaraan“Mungkin berikutnya (dwi kewarganegaraan) researcher-researcher eks WNI handal yang kerja di Eropa, profesional-profesional yang gajinya di atas $100 ribu pertahun di negara-negara yang maju. Rugi, bila Negara tidak bisa memanfaatkan hal ini,” terang Bobby saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan.Ia juga menjelaskan bahwa saat ini dunia sedang perang sumber daya manusia yang bertalenta terutama di bidang IT, industri ekstraktif dan manfaktur.

Politkus dari aratai Golkar ini juga mengakui bahwa banyak kekahwatiran jika negara ini menerapkan sistem kewarganegaraan seperti itu.Alasannya, untuk menerapkann hal tersebut diperlukan batas yang jelas antara diaspora yang menguntungkan dengan naturalisasi WNA yang malah mencari keuntungan atau bekerja di tanah air.

Tentu harus ada aturan yang menolak, naturalisasi bila WNA mau jadi WNI, yang enggak jelas manfaat nya,” tambahnya. Menurut Bobby, UU Nomor 12  Thaun 2006 tentang Kewraganegaraan perlu dikaji ulang agar bisa merekrut diaspora sukses menjadi WNI kembali dan berkonribusi untuk bangsa ini.

Komentar

Loading...