John Ellenby, Kreator Laptop Pertama Dunia Tutup Usia pada 75 Tahun

John Ellenby, Kreator Laptop Pertama Dunia Tutup Usia pada 75 Tahun

129

Seorang yang memiliki jasa besar dalam bidang kemajuan teknologi gadget terutama laptop telah berpulang. Seseorang tersebut adalah John Ellenby, yang diketahui telah meninggal pada awal bulan ini di usianya yang ke 75 tahun dan sayangnya belum diketahui secara pasti penyebab dari kematiannya. Ia

John Ellenby, Kreator Laptop Pertama Dunia Tutup Usia pada 75 TahunJohn Ellenby dikenal sebagai CEO dari Grid Systems yang telah dikenal luas sebagai kreator laptop pertama di dunia, Compass yang diciptkannya di tahun 1982 yang tentu saja memiliki bentuk yang jelas jauh berbeda dari kondisi saat ini.

Laptp temuannya didesign memiliki layar yang keci dengan ukuran tebal. Pada masa tersebut, laptop Compass dijual terbilang mahal karena mencapai 8150USD atau setara dnegan 108 juta rupiah. Dan pada saat itu, Compass menjadi perangkat yang populer dan hanya digunakan pada perusahaan serta lembaga pemerintah.

Ellenby juga dkeanl sebagai sosok yang pernah berdedikasi ntuk Xerox dan juga ia dikenal sebagai seseorang yag terlibat dalam perkembangan komputer desktop Alto II.  Sosok dari Ellenby memang tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan tokoh yang berjasa dibidang teknologi yang lain. Namun jasanya tidak bisa dipungkiri karena setelah 10 tahun Compass diluncurkan, laptop mulai dikenal luas dengan adanya ThinkPad yang dimiliki IBM dan PowerBook yang diuncurkan oleh Apple.

Komentar

Loading...