Penglihatan Tiba-Tiba Kabur? Waspadai 3 Kelainan Kesehatan Mata Berikut

Penglihatan Tiba-Tiba Kabur? Waspadai 3 Kelainan Kesehatan Mata Berikut

285

Jangan pernah remehkan jika tiba-tiba pandangan mata kabur dan ketajaman mata menjadi berkurang. Karena jika hal ini sering terjadi, kelianan mata atau penyakit mata sedang mengincarmu. Penglihatan yang kabur biasanya teradi pada salah satu atau kedua mata kita sekaligus. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan gadget yag berlebihan. Menatap layar kompuetr terlalu lama sehingga oandangan menjadi kabur atau hilang fokus. Dikuti dari thehealthsite.com jika gejala penglihatan kabur seperti ini terus terjadi dalam peride waktu yang ama, keungkinan gangguan atau penyakit mata ini mungkin terjadi.

Penglihatan Tiba-Tiba Kabur Waspadai 3 Kelainan Kesehatan Mata Berikut

  1. Katarak

Katarak adalah kondisi di mana lensa mata yang tadinya bening jadi keruh. Kelainan mata ini terjadi secara perlahan-lahan, sehingga gejala awalnya sulit dikenali. Salah satu gejalanya adalah pandangan mata yang kabur. Selain itu, penderita juga akan merasa terlalu peka degan cahaya dan melihat ada halo di sumber cahaya, selain itu penderita juga bisa melihat sesuatu jadi terlihat dobel. Untuk menyembuhkannya, operasi adalah jalan keluar terbaiknya.

  1. Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit mata yang berpotensi membutakan di mana ada kerusakan bertahap pada serabut saraf dari saraf optik. Salah satu jenis penyakit glaukoma yang paling umum yang menyebabkan pandangan mata kabur adalah glaukoma sudut tertutup akut (penderita akan kehilangan penglihatan dari sudut matanya lalu lama kelamaan akan kehilangan kemampuan untuk melihat).

  1. Rabun jauh (Miopi)

Merupakan suatu kondisi di mana kita bisa melihat benda dekat dengan jelas, tapi penglihatan bisa kabur saat melihat benda yang jauh. Kondisi ini biasanya dapat didiagnosis ketika seseorang berusia 8-12 tahun. Menatap layar komputer berjam-jam atau membaca dengan cara yang salah bisa jadi faktor penyebab mata minus. Mata minus ini bisa ditangani dengan penggunaan kontak lensa atau kacamata, bisa juga dengan bedah refraktif.

Selain beberapa gangguan diatas, pengihatan kabur juga bisa disebabkan karena sejumlah penyakit seperti diabetes, tekanan darah rendah, stroke, aneurisme otak, anemia, dll. Jika kamu  terus megalami penglihatan kabur dalam eriode yang lama segera hubungi dokter yaa.

Komentar

Loading...