Benarkah Tidak Makan Diatas Jam 6 Sore Efektif untuk Diet?

Benarkah Tidak Makan Diatas Jam 6 Sore Efektif untuk Diet?

216

Sebagian besar orang yang menjalankan diet memilih menghindari makan malam atau umumnya tidak boleh makan lebih dari jam 8 malam. Namun ada sebagian orang yang membatasi diri untuk tidak memakan apapun dimulai dar jam 6 sore. Menurut Dana Hunnes, Ph.D., M.P.H., R.D., ahli diet senior dari Ronald Reagan UCLA Medical Center mengatakan bahwa aturan itu entah berasal dari mana, namun hal ini kemungkinan memang bisa membuahkan hasil.

Benarkah Tidak Makan Diatas Jam 6 Sore Efektif untuk DietMakan malam memnag memiliki hubungan erat dengan bertambahnya berat badan karena disaat malam hari tubuh memang tak mengeluarkan banyak aktivitas sedangkan asupan kalori terus bertambah. Dan beberapa orang cukup berhail menunjukkan penurunan berat badan dengan cara mengurangi asupan kalori pada malam ghari. Serta hal ini juga didukung dnegan percobaan dari Brigham Young University yang meminta 29 pria muda berhenti makan di atas jam 7 dan jam 6 sore selama 2 minggu. Dan ternyata, dan kurun waktu tersebut, mereka mampu menurunkan setengah kilo berat badan. Ketika dibiarkan makan di atas jam itu, dengan cepat berat badan mereka naik sebanyak 1-lebih dari setengah kg. Hal ini juga berlaku untuk para wanita yang justru cenderung mudah gemuk. Membatasi makan di atas jam 6 sore kemungkinan membuatkan hasil diet yang signifikan.

Meskipu begitu, reaksi tubuh dari masing-masing orang memang berbeda-beda dan proses penurunan berat badan juga bervariasi untuk setiap orang. Yang terpenting, cukup terapkan pola hidup sehat dengan tidur cukup, konsumsi sayur dan buah serta olahraga teratur.

Komentar

Loading...