Berapa Jam kah Waktu Tidur yang Ideal?

Berapa Jam kah Waktu Tidur yang Ideal?

167

Tidur merupakan salah satu kunci kesehatan fisik dan mental yang dipengaruhi oleh berapa lama waktu tidur yang tergantung dari usia dan kondisi sesorang. Tidur juga merupakan salah satu kunci tips hidup sehat selain konsumsi sayur dan  buah, serta rutin berolahraga selam 20 menit sehari

A man sleeping

“Tidur sangat penting untuk fungsi mental, kewaspadaan, konsolidasi memori, regulasi mood dan kesehatan fisik. Bahkan, data  menunjukkan bahwa  kurang tidur akan menyebabkan perubahan dalam cara tubuh menangani glukosa, yang pada akhirnya  menyebabkan resistensi insulin (pre-diabetes). Ada juga bukti bahwa kurang tidur bisa memicu selera makan berlebihan yang dapat berkontribusi untuk kelebihan berat badan dan obesitas. ” kata  Phyllis C. Zee, MD, PhD, profesor of neurologi dan direktur Sleep Disorders Center di Northwestern University Feinberg School of Medicine di  Chicago. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan waktu tidur kita akan terus berubah dari waktu kewaktu.

Dikuti dari National Sleep Foundation, berikut jumlah identifikasi waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur sesuai dengan usianya;

  1. Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14 sampai 17 jam
  2. Bayi (4-11 bulan): 12 sampai 15 jam
  3. Balita (1-2 tahun): 11 sampai 14 jam
  4. Anak-anak pra sekolah (3 sampai 5 tahun): 10 sampai 13 jam
  5. Usia sekolah anak-anak (6-13 tahun): 9 sampai 11 jam
  6. Remaja (14 sampai 17 tahun): 8 sampai 10 jam
  7. dewasa muda (18 sampai 25 tahun): 7 sampai 9 jam
  8. Dewasa (26-64 tahun): 7 sampai 9 jam
  9. orang dewasa yang lebih tua (65 tahun atau lebih tua): 7 sampai 8 jam

Komentar

Loading...