Selandia Baru Diguncang Gempa 7.1 Skala Righter

Selandia Baru Diguncang Gempa 7.1 Skala Righter

171

Pada hari Jumat dini hari, Selandia Baru telah diguncang gempa berkuatan 7.1 SR sehingga pihak pemerintah memperingatkan warganya terutama yang berada di sekitar wilayah pantai agar mengungsi ke tempat yang lebih aman. Gempa tersebut memiliki kedalaman 55 km didasar laut dan memiliki jarak 130 km dari garis pantai Te Araroa yang terletak di North Island. Guncangan dari gempa tersebut cukup kuat karena terasa hingga di daerah ibukota, Auckland yang memiliki jarak ratusan kilometer dari pusat gempa. Menurut John Bellini yang bekerja di USGS atau Badan Survei Geologi AS, dengan memiliki rincan tersebut gempa ini memicu terjadinya ‘tsunami kecil’.

Selandia Baru Diguncang Gempa 7.1 Skala RighterPihak Kementrian Pertahanan Sipil dan Manajemen Darurat Selandia Baru selaku perwakilan dari pemerintah telah mengeluarkan peringatan tentang adanya tsunami kecil dan telah merekam kenaikan gelombang laut yang mulai mencapai 30  cm. namun, bagian Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak mengeluarkan peringatan tentang adanya tsunami ini pada bagian wilayah pasifik yang lain.

“Aktivitas pertama telah tiba. Aktivitas tsunami akan terus terjadi selama beberapa jam dan ancaman ini harus diberlakukan serius hingga peringatan dibatalkan,” ujar perwakilan dari Kementrian terkait yang juga menghimbau agar para nelayan untuk tidak melaut dengan melihat kondisi yang seperti ini.

Komentar

Loading...