Modal Pemerintah untuk Bangun Rumah Murah pada Tahun Depan

Modal Pemerintah untuk Bangun Rumah Murah pada Tahun Depan

140

Pemerintah memberikan modal hingga 9 triliun rupiah pada Direktorat Jendral Penyediaan Perumahan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat guna untuk membangun rumah bersubsidi di tahun mendatang. Syarif Burhanuddin selaku Direktur Jendral Penyediaan Perumahan Kementrian PUPR mengatakan bahwa sebesar 8.5 triliun akan dialokasikan untuk pembangun fisik rumah dan sisanya akan digunakan untuk pembangunan non fisik. Menurutnya, anggaran fisik akan digunakan untuk membangun 12.699 unit rumah susun, 4815 rumah susun sederhana, 117.500  unit bantuan rumah swadaya dan 21.750 unit rumah bersubsidi pemerintah. Jadi total sebanyak 134.814 unit  rumah akan dibangun pada tahun 2017 mendatang.  Sedangkan angaran non fisik yang dimaksud adalah untuk belanja pegawai, pembinaan dan pengawasan serta belanja barang-barang.

Modal Pemerintah untuk Bangun Rumah Murah pada Tahun DepanUntuk mencapai target tersebut, Ditjen Pembiayaan Perumahan ementrian PUPR, Murin Sitorus mengajak perusahaan-perusahaan terkait misalnya perusahaan property untuk mengurangi backlog perumahan. Karena menurutnya, program sjuta rumah harus mulai diwujudkan dengan membangun hubungan yang baik antara pemerintah pusat, daerah, pengembang, perbankan serta masyarakat.

“Tantangan terbesar masyarakat informal saat ini untuk mempunyai rumah adalah masalah keterjangkauan daya beli, selain itu juga menghadapi permasalahan akses terhadap perbankan, padahal harga rumah saat ini tinggi dan masyarakat umumnya membeli dengan mencicil melalui bank,”  begitu tutup Maurin.

Komentar

Loading...