Indonesia Mampu Ekspor Beras Organik ke Belgia

Indonesia Mampu Ekspor Beras Organik ke Belgia

195

Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian RI menyatkan bahwa, baru-baru ini Indonesia melakukan ekspor sebanyak 40 ton beras organic ke Belgia dengan kisaran harga 60-70 ribu riah per kilogramnya.

Indonesia Mampu Ekspor Beras Organik ke Belgia“Kita ekspor beras organik ke Belgia, mulai tahun ini, harganya Rp60 ribu sampai Rp70 ribu per kg. Ini bisa menguntungkan bagi petani, ini bisa mengangkat kesejahteraan petani. Kita berencana mengembangkan 100 ribu hektare (ha). Nanti lima tahun ke depan, kita targetkan 500 ribu ha. Ini merupakan potensi yang belum digarap pemerintah,” ujar Amran yang diemui di Kantor Kementrian Koordinator bidang Perekonomian. Menurut informasi yang disampaikan oleh Arman, beras organic yang diekspor ini berasal dari sejumlah pusat produksi beras yang sudah tersertifikasi seperi di daerah Tasikmalaya, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa pemerintah juga akan mengembangkan sentra produksi beras di Luar Pulau Jawa, misalnya Kalimantan agar bisa mengejar target swasembada beras seperti amanah dari Presiden Joko Widodo.

Amran juga menambahkan bahwa khusus untuk program swasembada beras di Kalimantan akan dikejar pada tahun depan setelah menyelesaikan target ekspor 100 ton beras pada tahun ini. Sementara itu untuk pasokan beras di dalam negeri, ia menjamin bahwa masih memiliki stok yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi masyarakat. Karena berdasarkan informasi, cadangan beras di Perum  Bulog saat ini masih sebanyak 2.1 juta ton.

Komentar

Loading...